EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI MADRASAH IBTIDA’IYAH FALAHUSSYABAB SLEMAN

Laksono, Akhmad Nang (2021) EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI MADRASAH IBTIDA’IYAH FALAHUSSYABAB SLEMAN. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_akhmad nang laksono_18711251029.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) relevansi materi pembelajaran dengan Kurikulum 2013; (2) kualifikasi latar belakang guru mata pelajaran pendidikan jasmani dan kesesuaian sarana dan prasarana (3) proses pelaksanann pembelajaran penjas, dan (4) prestasi belajar peserta didik dilihat dari hasil nilai harian mata pelajaran penjas di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Falahussyabab Sleman. Penelitian ini adalah penelitian evaluasi model CIPP (Context, Input, Process, dan Product) untuk mengetahui program pembelajaran penjas di MI Falahussyabab Sleman. Penelitian ini dilaksanakan di MI Falahussyabab Sleman. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran pendidikan jasmani, dan seluruh peserta didik. Peserta didik dalam penelitian ini berjumlah 96 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data kualitatif dan kuantitatif dianalisis dengan teknik deskriptif. Validitas instrumen penelitian dilakukan menggunakan expert judgement.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) evaluasi konteks, materi pembelajaran yang digunakan telah relevan dengan K13, namun tidak semua materi tersampaikan; (2) hasil evaluasi input menunjukkan latar belakang pendidikan guru pengampu sesuai dengan kualifikasi guru penjas, sedangkan kesesuaian sarana dan prasarana penjas menunjukkan tingkat kesesuaian sebesar 29% termasuk dalam kategori kurang baik; (3) hasil evaluasi proses yang meliputi pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani sebesar 74, 5% termasuk dalam kategori cukup baik; (4) evaluasi produk yaitu prestasi belajar peserta didik dan nilai rerata sebesar 76 termasuk dalam kategori baik. Simpulan dari penilitian ini yaitu bahwa secara umum program pembelajaran pendidikan jasmani di MI Falahussybab Sleman telah berbedoman pada badan standar nasional pendidikan (BSNP), akan tetapi belum sepenuhnya sesuai dengan standar nasional pendidikan tersebut. Aspek yang masih kurang sesuai atau belum mencapai standar yaitu kesesuaian materi yang disampaikan, sarana dan prasarana penjas serta pelaksanaan pembelajaran penjas.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Guntur, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pendidikan jasmani
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Feb 2021 08:13
Last Modified: 18 Feb 2021 08:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63429

Actions (login required)

View Item View Item