PENGEMBANGAN MATERI PERMAINAN KORFBALL BERBASIS TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING UNTUK SEKOLAH DASAR

Riyanto, Adnan (2021) PENGEMBANGAN MATERI PERMAINAN KORFBALL BERBASIS TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING UNTUK SEKOLAH DASAR. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_adnan riyanto_18711251039.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menghasilkan modifikasi permainan bola keranjang berbasis TGfU untuk siswa sekolah dasar kelas atas. Modifikasi permainan bola keranjang ini diharapkan dapat membantu guru penjasorkes dalam memberikan pembelajaran. Modifikasi permainan ini mengacu pada karakteristik belajar siswa sekolah dasar yakni senang dengan bermain. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian pengembangan merupakan penelitian yang menghasilkan atau mengembangkan suatu produk. Tahapan penelitian pengembangan model Borg & Gall yang telah diadopsi menjadi tujuh tahapan yaitu : analisis kebutuhan, menyusun perencanaan, mengembangkan produk awal berupa pembuatan produk awal yang divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi. Selanjutnya produk diuji cobakan kepada peserta didik melalui uji coba kelompok kecil, revisi, ujicoba lapangan dan revisi produk akhir. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas atas SD Negeri Bakalan, SD Negeri Ledoknongko dan SD Negeri Jongkang berjumlah 30 siswa secara keseluruhan, dengan masing masing sekolah dasar 10 siswa. Instrument pengumpulan data menggunakan angket dan lembar evaluasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Data hasil penelitian berupa kualitas produk, saran, dan perbaikan dianalisis secara kualitatif, dan data berupa kuantitatif diolah secara statistik deskriptif. Hasil penelitian berupa materi permainan bola keranjang berbasis TGfU yang berbentuk buku yang terdiri atas enam permainan sebagai sarana pembelajaran. Penilaian ahli materi termasuk dalam kriteria “sangat baik” dengan rerata 4,9, kemudian ahli media menunjukkan kriteria “sangat baik” dengan rerata 4,7, dan praktisi termasuk kriteria “sangat baik” dengan rerata 4,9, sedangkan uji coba lapangan materi permainan bola keranjang berbasis TGfU yang diujikan kepada siswa menunjukkan kriteria “sangat baik” dengan rerata skor 4,37. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan materi permainaan bola keranjang berbasis TGfU layak digunakan sebagai sarana pembelajaran permainan bola besar dalam pelajaran pendidikan jasmani di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Widiyanto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: pendidikan jasmani, metode pengajaran
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Feb 2021 07:59
Last Modified: 18 Feb 2021 07:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63423

Actions (login required)

View Item View Item