PENGARUH SENAM AEROBIK DAN SENAM ZUMBA TERHADAP PENURUNAN KADAR GLUKOSA DARAH DAN KOLESTEROL TOTAL PADA WANITA OVERWEIGHT

Hita, I Putu Agus Dharma (2021) PENGARUH SENAM AEROBIK DAN SENAM ZUMBA TERHADAP PENURUNAN KADAR GLUKOSA DARAH DAN KOLESTEROL TOTAL PADA WANITA OVERWEIGHT. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_i putu agus dharma hita_19711251006.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Besarnya efektivitas senam aerobik terhadap penurunan kadar glukosa darah dan kolesterol total pada wanita overweight. (2) Besarnya efektivitas senam zumba terhadap penurunan kadar glukosa darah dan kolesterol total pada wanita overweight. (3) Perbedaan besarnya efektivitas antara senam aerobik dan senam zumba terhadap penurunan kadar glukosa darah dan kolesterol total pada wanita overweight. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental dengan desain two groups pretest-posttest design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh anggota dari member Sanggar Senam Kembang Sari dan Sanggar Senam Tara Studio yang berjumlah 54 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 22 orang yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kadar glukosa darah dan kolesterol total menggunakan metode Rapid Test dengan alat Autocheck dengan Nomor AKL Kemenkes RI yaitu 20101311321. Uji hipotesis dilakukan menggunakan teknik uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Senam aerobik efektif untuk menurunkan kadar glukosa darah dengan efektivitas 7,47% dan kolesterol total dengan efektivitas 5,03% pada wanita overweight. (2) Senam zumba efektif untuk menurunkan kadar glukosa darah dengan efektivitas 13,33% dan kolesterol total dengan efektivitas 7,23% pada wanita overweight. (3) Ada perbedaan efektivitas yang signifikan antara senam aerobik dan senam zumba dalam menurunkan kadar glukosa darah dan kolesterol total pada wanita overweight. Dimana senam zumba memiliki tingkat efektivitas yang lebih tinggi dari pada senam aerobik.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. dr. BM Wara Kushartanti, M.S.
Uncontrolled Keywords: senam
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Feb 2021 08:43
Last Modified: 17 Feb 2021 08:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63419

Actions (login required)

View Item View Item