PENGARUH METODE LATIHAN TARGET SASARAN TETAP DAN BERUBAH SERTA KOORDINASI MATA-TANGAN TERHADAP KETEPATAN SERVIS PANJANG DALAM BULU TANGKIS

Triansyah, Yori (2021) PENGARUH METODE LATIHAN TARGET SASARAN TETAP DAN BERUBAH SERTA KOORDINASI MATA-TANGAN TERHADAP KETEPATAN SERVIS PANJANG DALAM BULU TANGKIS. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_yori triansyah_17711251084.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Latihan dengan metode sasaran tetap yaitu metode atau cara melatih ketepatan servis panjang dengan menggunakan sasaran yang sama secara terus-menerus dan tidak mengubah sasaran satu set dapat di selesaikan yang ditentukan oleh pelatih. Latihan ketepatan servis panjang dengan sasaran berubah arah adalah latihan suatu metode atau cara untuk melatih ketepatan servis panjang dengan menggunakan sasaran berubah-ubah dalam setiap satu setnya sesuai dengan keinginan pemain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Latihan Target Sasaran Tetap dan Berubah serta Koordinasi Mata-Tangan terhadap Ketepatan Servis Panjang Dalam Bulu Tangkis. Desain yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan rancangan faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta extrakurikuler bulu tangkis SMA Negeri 2 Lubuk Linggau dan SMKP Negeri 2 Tugumulyo sejumlah 40 peserta. Teknik pengambilan sampel yakni random sampling berdasarkan cara membagi kelompok yang di tes koordinasinya dengan koordinasi mata tangan tinggi dan rendah dengan menggunakan skor tes keseluruhan dari koordinasi mata tangan yang dimiliki oleh peserta dengan cara di rangking. Instrumen tes koordinasi mata dan tangan dengan tes Lempar tangkap bola tenis dan tes ketepatan servis panjang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan SPSS 20 yaitu dengan menggunakan ANAVA dua jalur (ANAVA two-way) pada taraf signifikan ig=0,05. Dari hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa 1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan latihan permainan target sasaran tetap dan latihan permainan target sasaran berubah terhadap ketepatan servis panjang bulu tangkis pada peserta Extrakurikuler SMA Negeri 2 Lubuk Linggau dan SMKP Negeri 2 Tugumulyo. Metode latihan sasaran berubah lebih baik dari pada sasaran tetap terhadap ketepatan servis panjang 2) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan kemampuan koordinasi mata-tangan tinggi dan koordinasi mata tangan rendah terhadap ketepatan servis panjang ada peserta Extrakurikuler SMA Negeri 2 Lubuk Linggau dan SMKP Negeri 2 Tugumulyo. Pemain yang mempunyai koordinasi mata dan tangan tinggi lebih baik dari pada koordinasi mata dan tangan rendah terhadap ketepatan servis panjang 3) Ada interaksi yang signifikan antara latihan permainan target (sasaran tetap dan sasaran berubah) dan koordinasi mata tangan (tinggi dan rendah) terhadap ketepatan servis panjang bulu tangkis pada peserta Extrakurikuler SMA Negeri 2 Lubuk Linggau dan SMKP Negeri 2 Tugumulyo.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Suharjana, M. Kes
Uncontrolled Keywords: bulu tangkis
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Feb 2021 08:32
Last Modified: 17 Feb 2021 08:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63418

Actions (login required)

View Item View Item