PENGARUH PROGRAM LATIHAN CIRCUIT TRAINING DAN OREGON CIRCUIT TERHADAP TINGKAT KEBUGARAN JASMANI DAN INDEKS MASA TUBUH PESERTA DIDIK SMA ISLAM TERPADU ABU BAKAR BOARDING SCHOOL KULON PROGO

Faldin, Muhammad Ferdian Nur (2021) PENGARUH PROGRAM LATIHAN CIRCUIT TRAINING DAN OREGON CIRCUIT TERHADAP TINGKAT KEBUGARAN JASMANI DAN INDEKS MASA TUBUH PESERTA DIDIK SMA ISLAM TERPADU ABU BAKAR BOARDING SCHOOL KULON PROGO. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_muhammad ferdian nur faldin_17711251072.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh program latihan Circuit Training dan Oregon Circuit terhadap tingkat Kebugaran Jasmani dan Indeks Massa Tubuh peserta didik SMA Islam Terpadu Abu Bakar Boarding School Kulonprogo. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen / eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah “two groups pretest-posttes design”. Instrumen penelitian ini menggunakan test TKJI (Tes Kesegaran Jasmani Indonesia) untuk mengetahui tingkat Kebugaran Jasmani dan menggunakan pengukuran IMT (Indeks Massa Tubuh) untuk menentukan berat tubuh ideal dengan mengukur berat badan dan tinggi badan. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik SMA IT Abu Bakar Boarding School Kulonprogo berjumlah 14 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Tidak terdapat perbedaan antara program latihan Circuit Training dan Oregon Circuit terhadap kebugaran jasamani dikarenakan selisih perbedaan yang tidak signifikan yaitu 0,28. (2) Terdapat perbedaan antara program latihan Circuit training dan Oregon Circuit terhadap IMT dengan selisih perbedaan 0,54. (3) Terdapat pengaruh latihan Circuit Training terhadap Kebugaran Jasmani dengan nilai sig sebesar 0.016 (p<0.05). (4) Terdapat pengaruh latihan Circuit Training terhadap IMT dengan nilai sig sebesar 0.017 (p<0.05). (5) Terdapat pengaruh program latihan Oregon Circuit terhadap tingkat Kebugaran Jasmani dengan nilai sig sebesar 0.024 (p<0.05). (6) Terdapat pengaruh program latihan Oregon Circuit terhadap IMT dengan nilai sig sebesar 0.018 (p<0.05).

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. FX. Sugiyanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kebugaran jasmani
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Feb 2021 08:26
Last Modified: 17 Feb 2021 08:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63417

Actions (login required)

View Item View Item