PERBANDINGAN KEKUATAN OTOT TANGAN, KEKUATAN OTOT LENGAN, KEKUATAN OTOT PUNGGUNG, KEKUATAN OTOT PERUT, DAN FLEKSIBILITAS ANTAR KOMUNITAS CALISTHENICS DI YOGYAKARTA

Isnanto, Juni (2021) PERBANDINGAN KEKUATAN OTOT TANGAN, KEKUATAN OTOT LENGAN, KEKUATAN OTOT PUNGGUNG, KEKUATAN OTOT PERUT, DAN FLEKSIBILITAS ANTAR KOMUNITAS CALISTHENICS DI YOGYAKARTA. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_juni isnanto, s.pd._15711251042.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jawaban yang akurat secara ilmiah tentang ada tidaknya perbedaan tingkat kekuatan otot tangan, kekuatan otot lengan, kekuatan otot punggung, kekuatan otot perut, dan fleksibilitas antara komunitas calisthenics Aldebaran YSW dan Sambilegi Fit. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif menggunakan metode survei. Subjek dalam penelitian ini adalah 9 anggota komunitas calisthenics Aldebaran YSW dan 11 anggota komunitas calisthenics Sambilegi Fit Yogyakarta yang aktif dalam olahraga calisthenics. Pengumpulan data menggunakan 5 item tes, yaitu tes kekuatan otot tangan dengan handgrip dynamometer, tes kekuatan otot lengan dengan push-up 30 detik, tes kekuatan otot punggung dengan back dynamometer, tes kekuatan otot perut dengan sit-up 30 detik, dan tes fleksibilitas dengan sit and reach. Analisis data menggunakan analisis uji-t melalui uji prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Terdapat perbedaan yang signifikan pada kekuatan otot tangan dengan selisih dari rata-rata sebesar 7,19% pada tangan kanan dan 8,18% pada tangan kiri, kekuatan otot lengan dengan selisih dari rata-rata sebesar 12,61%, kekuatan otot punggung dengan selisih rata-rata sebesar 16% antara komunitas calisthenics Aldebaran YSW dan sambilegi fit. Hal itu ditunjukkan dengan t hitung > t tabel dan nilai sig < 0,05. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kekuatan otot perut dan fleksibilitas antara komunitas calisthenics Aldebaran YSW dan Sambilegi Fit dengan selisih rata-rata 1,98% pada kekuatan otot perut dan 6,64% pada fleksibilitas.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Sugeng Purwanto M.Pd.
Uncontrolled Keywords: calisthenics
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Feb 2021 07:01
Last Modified: 17 Feb 2021 07:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63412

Actions (login required)

View Item View Item