EFEKTIVITAS MODEL INQUIRY DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DITINJAU DARI HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN INTERPERSONAL

Genurianto, Gomang (2021) EFEKTIVITAS MODEL INQUIRY DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DITINJAU DARI HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN INTERPERSONAL. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_gomang genurianto_19711251038.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Di masa pandemik covid, diperlukan model pembelajran penjasorkes yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan perbedaan efektivitas pembelajaran penjasorkes dengan menggunakan model pembelajaran inquiry discovery learning dan project based learning ditinjau dari hasil belajar dan kemampuan interpersonal peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan desain pretest-posttest group. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX SMP Budi Utama Sleman. Sampel ditentukan secara acak melitputi kelas IX A dan IX C. Kelas A diberi perlakuan dengan model inquiry discovery learning dan kelas C diberi perlakuan menggunakan model project based learning. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar, meliputi aspek pengetahuan dan keterampilan. Adapun instrumen tes kemampuan interpersonal, meliputi angket kemampuan interaksi, komunikasi, kerjasama, dan empati yang sudah divalidasi. Reliabilitas instrumen berturut-turut 0,941 dan 0,944. Teknik analisis data menggunakan uji beda berpasangan dan tidak berpasangan baik parametrik maupun non-parametrik dengan taraf signifikansi 5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Model pembelajaran IDL dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan interpersonal secara bermakna (p<0,05) dengan efektivitas masing-masing sebesar 25,49% dan 18,97%. (2) Model pembelajaran PjBL dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan interpersonal secara bermakna (p<0,05) dengan efektivitas masing-masing sebesar 23,45% dan 27,18%. (3) Tidak terdapat perbedaan bermakna antara model inquiry discovery learning dan model project based learning ditinjau dari hasil belajar aspek pengetahuan dan kemampuan interpersonal peserta didik (p>0,05). Namun demikian, jika ditinjau hasil belajar dari aspek keterampilan terdapat perbedaan bermakna (p<0,05) antara model inquiry discovery learning dan model project based learning. Jadi dapat disimpulkan bahwa kedua model pembelajaran efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan kemampuan interpersonal peserta didik SMP Budi Utama Sleman kelas IX pada materi pertolongan pertama paka kecelakaan mata pelajaran Penjasorkes. Pada hasil belajar aspek keterampilan, IDL lebih baik daripada PjBL.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. dr. Rachmah Laksmi Ambardini, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: metode pengajaran
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Feb 2021 06:49
Last Modified: 17 Feb 2021 06:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63410

Actions (login required)

View Item View Item