IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN TKR SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Nurbiyanto, Eko (2019) IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN TKR SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. COVER-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3a. BAB I.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3b. BAB II.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3c. BAB III.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3d. BAB IV.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3e. BAB V.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. LAMPIRAN FULL.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TKR 4 pada mata pelajaran PKKR di SMK N 2 Yogyakarta melalui penerapan Problem Based Learning. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengambilan data penelitian dilakukan pada 7 Januari 2019 sampai dengan 9 Februari 2019 di SMK N 2 Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI TKR 4 pada mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan (PKKR) semester genap tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 21 siswa. Data diambil melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan secara kuantitatif dengan melihat pelaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan hasil belajar pada setiap siklusnya. Kriteria keberhasilan yang ditentukan adalah minimal 80% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan nilai minimal 76,00. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TKR 4 pada mata pelajaran PKKR di SMK N 2 Yogyakarta. Rerata hasil belajar siswa meningkat menjadi 77,33 pada siklus I dan 83,81 pada siklus II. Jika dilihat dari ketuntasan kelasnya meningkat menjadi 66,67% pada siklus I dan 85,71% pada siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Hasil Belajar, PKKR
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 02 Apr 2019 03:39
Last Modified: 02 Apr 2019 03:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63385

Actions (login required)

View Item View Item