HUBUNGAN KELAYAKAN UNIT PRODUKSI KAYU DAN MINAT BERWIRAUSAHA DENGAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK FURNITUR SMK PANGUDI LUHUR MUNTILAN

Mustasir, Reda Alfian (2019) HUBUNGAN KELAYAKAN UNIT PRODUKSI KAYU DAN MINAT BERWIRAUSAHA DENGAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK FURNITUR SMK PANGUDI LUHUR MUNTILAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) tingkat kelayakan unit produksi kayu SMK Pangudi Luhur Muntilan; (2) Mengetahui seberapa besar tingkat minat wirausaha siswa; dan (3) Mengetahui besar tingkat jiwa kewirausahaan siswa; (4) Menganalisis hubungan yang ada pada unit produksi kayu siswa dengan jiwa kewirausahaan siswa; (5) Menganalisis hubungan yang ada pada minat berwirausaha siswa dengan jiwa kewirausahaan siswa; dan (6) Menganalisis hubungan yang ada pada unit produksi kayu dan minat berwirausaha siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode expost facto. Berdasarkan pendekatannya, penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Adapun tujuan penelitian adalah untuk menyelidiki kemungkinan hubungan sebab akibat berdasarkan atas pengamatan terhadap akibat yang ada, dan mencari kembali fakta yang mungkin menjadi penyebab melalui data tertentu. Berdasarkan metodenya, penelitian ini adalah penelitian korelasi. Penelitian korelasional digunakan untuk mengungkapkan hubungan antar variabel dan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan variabel bebas dengan variabel terikat. Populasi penelitian adalah siswa Kelas XII Program keahlian Teknik Furnitur SMK Pangudi Luhur Muntilan sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan didukung oleh observasi lapangan. Data yang dihasilkan dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kelayakan unit produksi kayu SMK Pangudi Luhur Muntilan layak digunakan; (2) Minat berwirausaha siswa masuk dalam kategori tinggi dengan rata-rata skor siswa 67,86%; (3) Jiwa Kewirausahaan siswa masuk dalam kategori tinggi dengan rata-rata skor 57,14%; (4) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel kelayakan unit produksi terhadap jiwa kewirausahaan siswa (nilai p : 0,021 < 0,05); (5) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat berwirausaha dengan jiwa kewirausahaan siswa (nilai p : 0,032 < 0,05); dan (6) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel kelayakan unit produksi dan minat berwirausaha dengan jiwa kewirausahaan siswa (nilai p : 0,019 < 0,05).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kelayakan unit produksi, minat wirausaha, jiwa wirausaha
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Apr 2019 01:53
Last Modified: 01 Apr 2019 01:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63362

Actions (login required)

View Item View Item