PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR IPS SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH BAYAN KABUPATEN PURWOREJO

Nufitasari, Nurul (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR IPS SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH BAYAN KABUPATEN PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Nurul Nufitasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) terhadap keaktifan belajar IPS siswa kelas III SD Muhammadiyah Bayan Kabupaten Purworejo. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimental, jenis Nonequivalent Control Group Desain. Subyek penelitian adalah siswa kelas III SD Muhammadiyah Bayan Kelas IIIA sebagai kelas kontrol (20 siswa) dan kelas IIIB sebagai kelas eksperimen (22 siswa). Obyek penelitian yaitu keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi serta lembar angket keaktifan belajar siswa untuk pre-test dan post-test. Validitas instrumen dilakukan melalui expert judgement dan validitas isi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan t-test sample independent yang sebelumnya telah diketahui normalitas dan homogenitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) terhadap keaktifan belajar IPS siswa kelas III SD Muhammadiyah Bayan Kabupaten Purworejo. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t thitung = -2,197 < thitung = 2,021 nilai signifikansi sebesar 0,034 lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,034 < 0,05). Rerata keaktifan pre-test kelas eksperimen sebesar 68,13 dan post-test sebesar 77,90. Rerata keaktifan pre-test kelas kontrol pre-test sebesar 68,75 dan post-test sebesar 71,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif TGT lebih tinggi dengan metode ceramah bervariasi. Kata kunci : Teams Games Tournament (TGT), keaktifan belajar, IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 01 Apr 2019 01:20
Last Modified: 01 Apr 2019 01:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63348

Actions (login required)

View Item View Item