Susilo, Arif (2009) ABSTRAK KESIAPAN GURU MATA DIKLAT PRODUKTIF PROGRAM KEAHLIAN AUDIO VIDEO SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN UNTUK MENYELENGGARAKAN RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (R-SBI). S1 thesis, UNY.
|
Text
Arif_Susilo_04502241005-2009.pdf Download (9kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru mata diklat produktif program keahlian audio video SMK Negeri 2 Depok Sleman, yang ditinjau dari: (1) aspek latar belakang pendidikan, (2) aspek penguasaan bahasa Inggris dan TIK dan (3) aspek pengelolaan PBM. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu penelitian yang memberikan gambaran atau uraian suatu keadaan sejelas mungkin tanpa ada perlakuan terhadap obyek yang diteliti. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Subyek penelitian seluruh guru mata diklat produktif sebanyak 10 orang. Pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Uji validitas instrumen penelitian dilakukan secara logis yaitu dengan jalan mengkonsultasikan butir-butir instrumen yang telah disusun kepada para ahli dan secara empiris yaitu dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment dari Karl Pearson. Uji realiabilitas instrumen dihitung juga menggunakan bantuan komputer program SPSS for windows versi 12.0 dengan taraf signifikan 5%, diperoleh hasil koefisien alpha untuk instrumen aspek latar belakang pendidikan sebesar 0,903 (sangat tinggi), instrumen aspek penguasaan bahasa Inggris dan TIK sebesar 0,952 (sangat tinggi) dan aspek pengelolaan PBM juga sangat tinggi dengan uraian persiapan mengajar sebesar 0,871, pelaksanaan mengajar 0,958 dan evaluasi siswa sebesar 0,905. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesiapan guru mata diklat produktif program keahlian audio video SMK Negeri 2 Depok Sleman ditinjau dari: (1) aspek latar belakang pendidikan memiliki persentase pencapaian sebesar 69% (baik), (2) aspek penguasaan bahasa Inggris dan TIK memiliki persentase pencapaian sebesar 63,03% (baik) dan (3) aspek pengelolaan PBM memiliki persentase pencapaian sebesar 83,87 (sangat baik) dengan uraian persentase pencapaian persiapan mengajar sebesar 90,63% (sangat baik), pelaksanaan mengajar sebesar 79,31 (baik) dan evaluasi siswa sebesar 81,67% (sangat baik).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika |
Depositing User: | pend elektronika ft |
Date Deposited: | 26 Sep 2012 15:18 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 16:44 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6334 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |