STUDI KASUS PEMANFAATAN BUKU SEKOLAH ELEKRONIK (BSE) DI ENAM SMP WILAYAH KOTA YOGYAKARTA

Susanto, Tofan (2010) STUDI KASUS PEMANFAATAN BUKU SEKOLAH ELEKRONIK (BSE) DI ENAM SMP WILAYAH KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Tofan_Susanto_05502241010.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan BSE di enam SMP wilayah Kota Yogyakarta ditinjau dari aspek kesiapan guru dalam memanfaatkan BSE, aspek faktor-faktor penghambat dan pendukung dalam pemanfaatan BSE serta aspek implementasi pemanfaatan BSE di enam SMP wilayah Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu penelitian yang memberikan gambaran atau uraian suatu keadaan sejelas mungkin tanpa ada perlakuan terhadap obyek yang diteliti. Subyek penelitian adalah guru yang menggunakan BSE di SMP N 8 Yogyakarta, SMP N 12 Yogyakarta, SMP N 11 Yogyakarta, SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta, SMP PIRI 1 Yogyakarta dan SMP Taman Dewasa Jetis sebanyak 30 orang. Pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Uji validitas instrumen penelitian dilakukan secara logis yaitu dengan jalan mengkonsultasikan butir-butir instrumen yang telah disusun kepada para ahli dan secara empiris yaitu dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment dari Karl Pearson. Uji realiabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan bantuan komputer program SPSS for windows versi 16.0. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitatif dengan penyajian data melalui tabel, grafik, dan perhitungan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesiapan guru dalam memanfaatkan BSE ditinjau dari kemampuan SDM guru dan sarana TIK yang dimiliki oleh guru berada pada kategori baik dengan prosentase pencapaian sebesar 70,26% dengan catatan masih perlunya peningkatan seminar atau pelatihan tentang BSE dan masih diperlukan penambahan alat untuk menggandakan BSE yang dimiliki oleh guru, sedangkan faktor pendukung dan penghambat untuk pemanfaatan BSE ditinjau dari faktor eksternal dan faktor internal berada pada kategori baik dengan prosentase pencapaian sebesar 73,78%, yang menjadi faktor penghambatnya antara lain: belum adanya BSE dalam bentuk kepingan CD/DVD di perpustakaan sekolah, kurangnya sosialisasi mengenai BSE, belum adanya anggaran untuk menggandakan BSE, kurangnya waktu untuk mengakses BSE karena kesibukan dalam mengajar, faktor yang mendukung pemanfaatan BSE antara lain: ketersediaan BSE dalam bentuk buku cetak di perpustakaan, tersedianya fasilitas komputer dan jaringan internet di sekolah, tersedianya alat untuk menggandakan BSE, adanya anggaran dari sekolah untuk mengakses serta mengunduh BSE, tidak merasa kesulitan dalam mengakses BSE di internet, ketertarikan untuk menggunakan BSE sebagai buku ajar, merasa termotivasi dalam kegiatan belajar mengajar karena adanya BSE, sedangkan implementasi, pemanfaatan BSE ditinjau dari pemanfaatan BSE sebagai buku ajar dan penggandaan BSE berada pada kategori baik dengan prosentase pencapaian sebesar 65,42%, dengan catatan masih kurangnya pemanfaatan BSE dengan cara menggandakan BSE baik dalam bentuk cetak atau dalam bentuk kepingan CD/DVD.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 25 Sep 2012 11:40
Last Modified: 29 Jan 2019 16:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6333

Actions (login required)

View Item View Item