KECENDERUNGAN MEMAAFKAN INDIVIDU YANG PERNAH DIKHIANATI DALAM HUBUNGAN ROMANTIS

Fadhila Nurul Aini Putri, Fadhila (2018) KECENDERUNGAN MEMAAFKAN INDIVIDU YANG PERNAH DIKHIANATI DALAM HUBUNGAN ROMANTIS. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_13104244003_Fadhila Nurul Aini Putri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh individu yang sulit untuk sungguh-sungguh memaafkan pelaku yang sudah mengkhianatinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan memaafkan individu yang pernah dikhianati dalam hubungan romantis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Subjek dipilih secara purposive dengan mahasiswa yang berumur 18-22 tahun sebanyak 5 mahasiswi dan pernah dikhianati dalam hubungan romantisnya. Pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Data di analisis menggunakan teknik reduksi, penyajian data, dan kesimpulan Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Penelitian ini menunjukkan hasil yang berbeda dari tiap subjek, dimana subjek UK cenderung memaafkan, namun ada rasa puas bila pelaku mengalami penderitaan yang sama, subjek SD memaafkan namun tidak percaya pelaku dan masih menunjukkan emosi negatif (contohnya kemarahan) dalam beberapa situasi yang membuatnya tidak nyaman. Subjek NL cenderung memaafkan dan mampu berbuat baik lagi kepada pelaku. Subjek LA cenderung memaafkan,dan tanpa menyimpan dendam. Terakhir yaitu subjek IL memiliki kecenderungan untuk menghindar dan tidak memaafkan. Kata Kunci : memaafkan, khianat, hubungan romantis, selingkuh

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 27 Mar 2019 09:03
Last Modified: 27 Mar 2019 09:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63308

Actions (login required)

View Item View Item