PERBEDAAN MOTIVASI BERPRESTASI ANTARA SISWA PENERIMA KIP (KARTU INDONESIA PINTAR) DENGAN SISWA REGULER DI SMA NEGERI 1 SUKOHARJO

Muhammad Mursid Mukti Wibowo, Muhammad (2018) PERBEDAAN MOTIVASI BERPRESTASI ANTARA SISWA PENERIMA KIP (KARTU INDONESIA PINTAR) DENGAN SISWA REGULER DI SMA NEGERI 1 SUKOHARJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Muhammad Mursid Mukti Wibowo_13104241036.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan motivasi berprestasi antara siswa penerima KIP (Kartu Indonesia Pintar) dan siswa Reguler di SMA Negeri 1 Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis komparasi. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI yang berjumlah 472 siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 88 siswa yang terdiri dari 44 siswa penerima KIP (Kartu Indonesia Pintar) dan 44 siswa Reguler, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket berupa skala motivasi berprestasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Uji-T dengan program SPSS For Windows Seri 16.0 Hasil uji hipotesis menggunakan uji t independent sample t-test menunjukkan bahwa nilai signifikasi 0,004 < 0,05. Pengujian tersebut berarti ada perbedaan antara motivasi berprestasi siswa penerima KIP dengan siswa Reguler. Hal ini menunjukkan bahwa siswa Reguler lebih berorientasi mencapai sukses, lebih mengantisipasi kegagalan, lebih berorientasi mengungguli prestasi sendiri yang pernah dicapai, ingin mengungguli prestasi orang lain, kesempurnaan dalam mengerjakan tugas, lebih percaya pada diri sendiri daripada siswa penerima KIP Kata kunci: motivasi berprestasi, siswa penerima KIP, siswa reguler.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 27 Mar 2019 08:41
Last Modified: 27 Mar 2019 08:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63306

Actions (login required)

View Item View Item