PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SISWA KELAS XI TKGSP SMK N 2 PENGASIH TAHUN AJARAN 2018/2019

Rahmadewi, Ayu Puspita (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SISWA KELAS XI TKGSP SMK N 2 PENGASIH TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (762kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_AYU PUSPITA R_15505241021.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV .pdf

Download (864kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Meningkatnya keaktifan siswa kelas XI TKGSP SMK N 2 Pengasih pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi menggunakan pembelajaran pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD), (2) Meningkatnya nilai siswa kelas XI TKGSP SMK N 2 Pengasih pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi menggunakan pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Penetilian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaborasi dengan guru Estimasi Biaya Konstruksi menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart (1988) meliputi: perencanan, pelaksanaan, observasi dan juga refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI program keahlian Teknik Konstruksi Gedung Sanitasi dan Perawatan SMK N 2 Pengasih tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 32 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa berupa keaktifan siswa dan nilai siswa, data dikumpulkan melalui hasil tes yang dilakukan pada setiap akhir siklus dan lembar observasi kelas. Dalam penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus dengan 2 kali pertemuan tiap siklusnya, analisis yang digunakan dalampenelitian ini adalah kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukan bahwa: (1) Meningkatnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran yang ditunjukkan dengan meningkatnya aktivitas siswa dari siklus I sampai dengan siklus II, keaktifan siswa pada siklus I sebesar 64,89% menjadi 76,04% pada siklus II, (2) Meningkatnya nilai siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan jumlah siswa yang memperoleh nilai minimal KKM, yaitu dari 10 siswa (31,25%) pada pra siklus menjadi 19 siswa (59,37%) pada siklus I, kemudian menjadi 26 siswa (81,25%) pada siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif tipe STAD, Hasil belajar, Keaktifan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Mar 2019 08:12
Last Modified: 27 Mar 2019 08:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63301

Actions (login required)

View Item View Item