PEMANFAATAN BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK(BSE) PADA SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN(TKJ) DI KABUPATEN BANTUL

Susanto, Riyawan (2010) PEMANFAATAN BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK(BSE) PADA SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN(TKJ) DI KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Riyawan_Susanto_08502245005.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan BSE sebagai sumber belajar oleh siswa dan guru produktif program keahlian teknik komputer dan jaringan di kabupaten Bantul. Pemanfaatan yang dimaksudkan mengenai pemanfaatan BSE untuk akses ke sumber informasi, menunjang proses belajar, menambah wawasan dan memperluas pengetahuan. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui pencapaian pemanfaatan BSE sebagai sumber belajar oleh guru produktif dan siswa program keahlian teknik komputer dan jaringan di kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang memberikan gambaran atau uraian suatu keadaan sejelas mungkin tanpa mengontrol faktor-faktor yang turut mempengaruhinya dengan menggunakan angka-angka yang diperkuat data informasi. Subyek penelitian seluruh guru produktif sebanyak 18 orang dan siswa SMK program keahlian TKJ. Pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Uji validitas instrumen penelitian dilakukan dengan validitas konstruksi yaitu dengan jalan mengkonsultasikan butir-butir instrumen yang telah disusun kepada para ahli. Uji realiabilitas instrumen dihitung dengan cara belah dua gasal-genap dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS for windows versi 11.5. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriftif yaitu menghitung presentase yang disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pemanfaatan Buku Sekolah Elektronik (BSE) sebagai sumber belajar oleh guru produktif SMK program keahlian teknik komputer dan jaringan (TKJ) di kabupaten Bantul memiliki kecenderungan pemanfaatan cukup baik. Dari hasil penelitian diperoleh 88,89% guru memiliki kecenderungan pemanfaatan cukup baik, sedangkan 11,11% guru memiliki kecenderungan pemanfaatan baik. Sedangkan Pemanfaatan Buku Sekolah Elektronik (BSE) sebagai sumber belajar oleh siswa SMK program keahlian teknik komputer dan jaringan (TKJ) di kabupaten Bantul memiliki kecenderungan pemanfaatan baik. Dari hasil penelitian diperoleh 42,53% siswa memiliki kecenderungan pemanfaatan baik, 39,08% siswa memiliki kecenderungan pemanfaatan cukup baik, 17,24% siswa memiliki kecenderungan pemanfaatansangat baik, sedangkan 1,15% atau seorang siswa memiliki kecenderungan kurang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 26 Sep 2012 07:58
Last Modified: 29 Jan 2019 16:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6330

Actions (login required)

View Item View Item