PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 MLATI

Reza Fakhrotunnisa, Reza (2018) PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 MLATI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi Reza Fakhrotunnisa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan bimbingan kelompok dengan menggunakan permainan tradisional efektif mengatasi kejenuhan belajar siswa SMP Negeri 1 Mlati. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan quasi eksperimental dengan desain non-equivalent control group design. Subjek penelitian dipilih dengan purposive sampling, dengan kriteria siswa kelas VIII yang mengalami tingkat kejenuhan belajar sebanyak 6 siswa untuk kelompok eksperimen dan 6 siswa untuk kelompok kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan skala kejenuhan belajar yang memiliki reabilitas Alpha Cronbach sebesar 0,909. Data penelitian ini dianalisis dengan statistik deskriptif dan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok menggunakan permainan tradisional efektif untuk mengatasi kejenuhan belajar. Hal ini ditunjukkan dari hasil rata-rata tingkat kejenuhan belajar kelompok eksperimen pada pretest yaitu 67,0 menjadi 57,3 pada hasil rata-rata posttest. Hasil uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon diperoleh nilai signifikansi 0,026<0,005 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Kata kunci: bimbingan kelompok menggunakan permainan tradisional, kejenuhan belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 27 Mar 2019 08:12
Last Modified: 27 Mar 2019 08:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63297

Actions (login required)

View Item View Item