EFEK KONSUMSI KAFEIN DAN SENAM AEROBIK TERHADAP INDEKS MASSA TUBUH PERSENTASE LEMAK TUBUH DAN KADAR KOLESTEROL DARAH PADA PEREMPUAN OVERWEIGHT

Listiarini, Dian (2021) EFEK KONSUMSI KAFEIN DAN SENAM AEROBIK TERHADAP INDEKS MASSA TUBUH PERSENTASE LEMAK TUBUH DAN KADAR KOLESTEROL DARAH PADA PEREMPUAN OVERWEIGHT. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_dian listiarini_19711251068.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Tujuan ipenelitian ini adalah membandingkan efek senam aerobik dengan kafein dan tanpa kafein dalam menurunkan indeks massa tubuh, persentase lemak tubuh dan kadar koleterol darah pada perempuan overweight. Penelitian ini menggunakan metode True experiment dengan rancangan Randomized Controle Group Pretest-Postest design. Populasi penelitian adalah 34 perempuan overweight anggota sanggar senam Hans Studio Management dengan usia 26-45 tahun. Sampel di ambil secara Random sejumlah 27 orang. Sampel dibagi 3 kelompok dengan masing-masing 9 orang, yaitu kelompok perlakuan 1 (senam aerobik tanpa kafein), kelompok perlakuan 2 (senam aerobik dengan kafein) dan kelompok kontrol (tanpa perlakuan). Sampel diukur Berat Badan (BB), Tinggi Badan (TB), Indeks Massa Tubuhi (IMT), Persentase Lemak Tubuh (skinfold callifer), tes kolesterol, tekanan darah, denyut nadi sebelum dan sesudah perlakuan. Uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk, uji homogenitas menggunakan Variances Levene. Sedangkan uji hipotesis menggunakan uji One-Way Anova yang dilanjutkan dengan uji beda after anova (bonferroni). Hasil penelitian menunjukkan adanya efek penurunan IMT dan kadar kolesterol darah baik pada senam aerobik tanpa maupun dengan kafein secara signifikan. Persentase lemak tubuh hanya menurun signifikan pada perlakuan senam aerobik dengan kafein.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. dr. BM Wara Kushartanti, M.S.
Uncontrolled Keywords: senam
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Feb 2021 03:39
Last Modified: 02 Mar 2021 06:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63284

Actions (login required)

View Item View Item