PERBEDAAN MOTIVASI BERPRESTASI ANTARA SISWA YANG MENJADI PENGURUS OSIS DENGAN SISWA YANG BUKAN PENGURUS OSIS DI SMK MUHAMMADIYAH SALAMAN

Satrio Aji Wicaksono, Wicaksono (2018) PERBEDAAN MOTIVASI BERPRESTASI ANTARA SISWA YANG MENJADI PENGURUS OSIS DENGAN SISWA YANG BUKAN PENGURUS OSIS DI SMK MUHAMMADIYAH SALAMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Satrio Aji Wicaksono_13104241062.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan motivasi berprestasi antara siswa pengurus OSIS dengan siswa bukan pengurus OSIS di SMK Muhammadiyah Salaman. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI yang berjumplah 492 orang. Sampel pada penelitian ini berjumlah 72 siswa, yang terdiri dari 36 siswa pengurus OSIS dan 36 siswa bukan pengurus OSIS, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis komparasi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan angket, sedangkan instrumen penelitian berupa skala, yaitu skala motivasi berprestasi yang terdiri dari 48 item valid. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment. Uji reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan teknik analisis Uji-T pada program SPSS For Wimdows Seri 16.0. Hasil penelitian menunjukkan angka signifikansi 0,026 yang berarti terdapat perbedaan motivasi berprestasi antara siswa pengurus OSIS dengan siswa bukan pengurus OSIS. Hasil Uji-T menunjukkan thitung ( -2,274) < ttabel (-1,994) yang berarti motivasi berprestasi siswa pengurus OSIS lebih tinggi daripada siswa yang bukan pengurus OSIS tetapi ada beberapa siswa yang bukan pengurus OSIS memiliki motivasi berprestasi yang tinggi. Berdasarkan hasil uji compare mean menunjukkan bahwa motivasi berprestasi siswa pengurus OSIS lebih tinggi daripada siswa bukan pengurus OSIS, dimana mean siswa pengurus OSIS lebih tinggi dari mean siswa bukan pengurus OSIS (143.75 > 127.11). Hal ini dikarenakan siswa pengurus OSIS memiliki pengalaman yang lebih dalam setiap kegiatan OSIS dimana dari setiap kegiatan tersebut menumbuhkan motivasi berprestasi siswa. Kata kunci: motivasi berprestasi, pengurus OSIS, bukan pengurus OSIS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 27 Mar 2019 04:05
Last Modified: 27 Mar 2019 04:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63274

Actions (login required)

View Item View Item