PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN DASAR INSTALASI LISTRIK UNTUK PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TENAGA KERJA DI INDUSTRI

Efendi, Efendi (2019) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN DASAR INSTALASI LISTRIK UNTUK PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TENAGA KERJA DI INDUSTRI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
9. Cover_Daftar Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstraks.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Daftar Pustaka.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. Lampiran.pdf

Download (30MB) | Preview

Abstract

Penelitian tugas akhir skripsi ini bertujuan untuk: (1) Menyusun modul pembelajaran Dasar Instalasi Listrik yang cocok untuk kegiatan diklat tenaga kerja di industri. (2) Mengetahui kelayakan modul Dasar Instalasi Listrik untuk kegiatan diklat tenaga kerja di industri menurut ahli materi, ahli media. (3) Mengetahui tanggapan pengguna terhadap modul Dasar Instalasi Listrik untuk kegiatan diklat tenaga kerja di industri. Penelitian tugas akhir skripsi ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (RnD) yang mengacu pada model penelitian pengembangan 4D dari Thiagarajan dengan tahapan-tahapan (1) Define yang terdiri dari (a) Analisis Awal (b) Analisis Peserta Diklat (c) Analisis Tugas/ Materi (d) Analisis Konsep (e) Analisis Tujuan (2) Design yang meliputi (a) penyusunan tes (b) pemilihan media (c) pemilihan format (d) desain awal, (3) Develop yang terdiri dari (a) validasi ahli (b) uji pengembangan , dan tahap (4) Disseminate atau penyebaran. Penelitian pengembangan dilakukan dengan subjek penelitian pekerja di industri yang memiliki jabatan instalatir listrik, dan instruktur diklat. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket dengan skala likert kemudian dianalisis untuk mendapatkan hasil kelayakan. Validitas yang digunakan dalam penelitian adalah validitas isi dengan pendapat ahli (expert judgement). Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil akhir dari penelitian pengembangan ini adalah tersusunnya modul pembelajaran Dasar Instalasi Listrik untuk kegiatan pendidikan dan pelatihan tenaga kerja industri. Modul pembelajaran dinilai kelayakannya berdasarkan aspek materi, aspek media, dan uji coba kepada calon pengguna. Kelayakan modul ditinjau dari aspek materi memperoleh nilai 79,5% dengan kategori layak, ditinjau dari aspek media juga memperoleh nilai 75,37% dengan kategori layak, berdasarkan tanggapan pengguna modul memperoleh nilai 89.6% dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Modul Pembelajaran, Instalasi Listrik, diklat
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Mar 2019 04:08
Last Modified: 27 Mar 2019 04:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63273

Actions (login required)

View Item View Item