EVALUASI PROGRAM PEER COUNSELING DI SMP NEGERI 2 CANGKRINGAN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Zaenur Rijal, Rijal (2018) EVALUASI PROGRAM PEER COUNSELING DI SMP NEGERI 2 CANGKRINGAN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Zaenur Rijal_11104241049.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui gambaran pelaksanaan program peer counseling dilihat dari evaluasi antacedent, transaction-process, dan outcome; (2) menemukan faktor penghambat program peer counseling; (3) menemukan faktor pendorong program peer counseling. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan penelitian kualitatif. Model evaluasi yang dipakai adalah evaluasi Judgement. Informan kunci penelitian ini adalah 1 orang guru Bimbingan dan Konseling (konselor ahli), dan 6 siswa (3 konselor sebaya dan 3 konseli sebaya). Langkah penelitian dimulai dari evaluasi antacedent, transaction-process, dan outcome. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik model interaktif, yaitu melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan program peer counseling belum efektif dan perlu perbaikan. Terdapat kelemahan pada antacedent, transaction-process, dan outcome. Faktor penghambat program konseling sebaya secara teknis pada: (1) perekrutan konselor sebaya yang kurang sistematis, (2) pelatihan konselor sebaya yang belum tersusun rapi, (3) evaluasi konselor sebaya kurang mendalam, (4) konferensi kasus belum dilaksanakan; dan faktor non-teknis pada: (1) latar belakang calon konselor sebaya kurang baik, (2) anggapan negatif terhadap guru BK, (3) kurangnya publikasi dan sosialisasi konseling sebaya, (4) sarana- prasarana penunjang konseling, dan (5) latar belakang terbentuknya program. Faktor pendorong pelaksanaan konseling sebaya yaitu: (1) upaya konselor ahli, (2) kemampuan konselor sebaya, (3) kepercayaan konseli sebaya, dan (4) kerjasama PUSKESMAS Cangkringan. Kata kunci: evaluasi, program, konseling sebaya

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 27 Mar 2019 03:50
Last Modified: 27 Mar 2019 03:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63271

Actions (login required)

View Item View Item