Pengembangan Model E-learning Adaptif Terhadap Keragaman Gaya Belajar Mahasiswa untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran

Surjono, Herman Dwi and Nurkhamid, Nurkhamid (2008) Pengembangan Model E-learning Adaptif Terhadap Keragaman Gaya Belajar Mahasiswa untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text (Research)
Laporan_HB_herman_2008.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model e-learning adaptif agar dapat mengatasi permasalahan keragaman gaya belajar mahasiswa dan untuk mengetahui apakah model e-learning adaptif ini dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran. Dalam jangka panjang sistem e-learning adaptif ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan e-learning konvensional yakni tidak memberikan materi pembelajaran yang berbeda kepada setiap pengguna karena mengasumsikan bahwa semua pengguna mempunyai karakteristik yang homogen. Penelitian ini akan dikerjakan dalam dua tahap, dimana laporan ini merupakan hasil dari tahap pertama. Prosedur penelitian tahap pertama meliputi: (a) analisis, (b) desain, (c) implementasi, dan (d) evaluasi. Disamping itu, pada tahap ini akan dilakukan penyiapan materi pembelajaran yang akan dimasukkan dalam e-learning adaptif. Hasil penelitian tahap pertama ini adalah berupa suatu model e-learning adaptif terhadap keragaman gaya belajar mahasiswa. Sistem e-learning adaptif ini pertama-tama adalah mengidentifikasi kecenderungan gaya belajar mahasiswa melalui kuesioner. Skor hasil kuesioner digunakan oleh sistem sebagai dasar untuk memberi materi pembelajaran yang berbeda kepada mahasiswa, yakni Visual, Auditory, atau Kinestetik.

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Prof. Herman Dwi Surjono,M.Sc.,MT.,Ph.D.
Date Deposited: 26 Sep 2012 07:57
Last Modified: 26 Oct 2015 07:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6325

Actions (login required)

View Item View Item