PENGARUH MINAT MENJADI GURU, KONSEP DIRI, DAN STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI BERKARIR SEBAGAI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Gunawan, Fery (2019) PENGARUH MINAT MENJADI GURU, KONSEP DIRI, DAN STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI BERKARIR SEBAGAI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
skripsi Fery Gunawan (14804241050).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh minat menjadi guru terhadap kepercayaan diri berkarir sebagai guru, (2) pengaruh konsep diri terhadap kepercayaan diri berkarir sebagai guru, (3) pengaruh status sosial ekonomi terhadap kepercayaan diri berkarir sebagai guru. (4) Pengaruh minat menjadi guru, konsep diri, dan status sosial ekonomi secara bersama-sama terhadap kepercayaan diri berkarir sebagai guru. Jenis penelitian ini Ex-Post Facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2015-2018. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner/angket. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh signifikan minat menjadi guru terhadap kepercayaan diri berkarir sebagai guru dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,224 dan t hitung sebesar 2,811 dengan signifikansi 0,006, (2) ada pengaruh signifikan konsep diri terhadap kepercayaan diri berkarir sebagai guru dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,314 dan t hitung sebesar 3,341 dengan nilai signifikansi sebesar 0,001, (3) ada pengaruh signifikan status sosial ekonomi terhadap kepercayaan diri berkarir sebagai guru dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,168 dan t hitung sebesar 2,128 nilai signifikansi sebesar 0,035, dan (4) minat menjadi guru, konsep diri, dan status sosial ekonomi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan diri berkarir sebagai guru dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,187, F hitung sebesar 11,170 dan signifikansi 0,000.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing: Supriyanto, MM
Uncontrolled Keywords: Minat Menjadi Guru, Konsep Diri, Status Sosial Ekonomi, Kepercayaan Diri Berkarir sebagai Guru
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 27 Mar 2019 00:48
Last Modified: 27 Mar 2019 00:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63246

Actions (login required)

View Item View Item