PENGARUH PENDAPATAN ORANG TUA, KEMAMPUAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDY KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019

Nuraeningsih, Siti (2019) PENGARUH PENDAPATAN ORANG TUA, KEMAMPUAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDY KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_158042427.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendapatan orang tua, kemampuan belajar dan lingkungan teman sebaya secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama terhadap minat melanjutkan study ke perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan populasi sebanyak 63 siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode sampel jenis sensus karena semua anggota populasi dijadikan subjek penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioneri. Teknik analisis data menggunakan regresi linear ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) tidak ada pengaruh pendapatan orang tua terhadap minat melanjutkan study ke Perguruan Tinggi 2) terdapat pengaruh positif kemampuan belajar terhadap minat melanjutkan study ke Perguruan Tinggi 3) terdapat pengaruh positif lingkungan teman sebaya terhadap minat melanjutkan study ke Perguruan Tinggi 4) terdapat pengaruh yang positif pendapatan orang tua, kemampuan belajar dan lingkungan teman sebaya secara bersama-sama terhadap minat melanjutkan study ke Perguruan Tinggi. Sumbangan Relatif (SR) pendapatan orang tua sebesar -0,47%, kemampuan belajar sebesar 46,46% dan lingkungan teman sebaya sebesar 54,01% terhadap minat melanjutkan study ke Perguruan Tinggi. Sementara itu, Sumbangan Efektif (SE) pendapatan orang tua sebesar -0,17%, kemampuan belajar sebesar 17,93% dan lingkungan teman sebaya sebesar 20,85% terhadap minat melanjutkan study ke Perguruan Tinggi. Besarnya Sumbangan Efektif (SE) dari ketiga variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 38,6%, sedangkan 61,4% berasal dari variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sugiharsono, M.Si
Uncontrolled Keywords: pendapatan orang tua, kemampuan belajar, lingkungan teman sebaya, minat melanjutkan study
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 27 Mar 2019 00:46
Last Modified: 27 Mar 2019 00:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63245

Actions (login required)

View Item View Item