PERAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDesa) “MITRA USAHA” DALAM MENINGKATKAN SEKTOR USAHA EKONOMI ANGGOTA KUB “MULYASARI” DESA LOHGANDU, KECAMATAN KARANGGAYAM, KABUPATEN KEBUMEN

Puja Rismaya, Dian (2019) PERAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDesa) “MITRA USAHA” DALAM MENINGKATKAN SEKTOR USAHA EKONOMI ANGGOTA KUB “MULYASARI” DESA LOHGANDU, KECAMATAN KARANGGAYAM, KABUPATEN KEBUMEN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_DIAN PUJA RISMAYA_14804241013.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di BUMDesa Mitra Usaha Desa Lohgandu, Karanggayam, Kebumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peran BUMDesa Mitra Usaha dalam meningkatkan sektor usaha anggota KUB Mulyasari, (2) peningkatan omzet dan laba sektor usaha anggota KUB Mulyasari. Jenis penelitian ini merupakan penelitian komparasi sebelum dan sesudah adanya peran BUMDesa Mitra Usaha. Populasi penelitian ini adalah seluruh anggota KUB Mulyasari yang berjumlah 32 orang dan semua dijadikan sebagai subjek penelitian, sehingga penelitian ini juga merupakan penelitian sensus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif kuantitatif dengan uji t-berpasangan (paired t-test). Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) BUMDesa telah berperan dalam peningkatan sektor usaha ekonomi anggota KUB Mulyasari melalui pemberian pinjaman modal, pemberian pelatihan-pelatihan, serta pemberian fasilitasi pemasaran; (2) Ada perbedaan omzet sebelum dan sesudah, dimana terjadi peningkatan omzet setelah adanya peran BUMDesa; (3) Ada perbedaan laba sebelum dan sesudah, dimana terjadi peningkatan laba setelah adanya peran BUMDesa.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sugiharsono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Peran BUMDesa, Peningkatan Sektor Usaha Ekonomi, Omzet, laba
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi Mikro
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 27 Mar 2019 00:42
Last Modified: 27 Mar 2019 00:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63242

Actions (login required)

View Item View Item