Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Pembelajaran Saintifik dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Jurusan IPS di SMA Negeri 1 Kota Mungkid, Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2017/2018

Nurbidayah, Siti (2019) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Pembelajaran Saintifik dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Jurusan IPS di SMA Negeri 1 Kota Mungkid, Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SITI NURBIDAYAH.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini mengetahui: (1) Pengaruh persepsi siswa tentang metode pembelajaran saintifik yang digunakan terhadap hasil belajar. (2) Pengaruh persepsi siswa tentang fasilitas belajar yang ada di sekolah terhadap hasil belajar. (3) Pengaruh persepsi siswa tentang penggunaan fasilitas belajar dan metode pembelajaran saintifik terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan IPS SMA Negeri 1 Kota Mungkid tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 156 siswa dengan sampel sebanyak 112 siswa yang diambil dengan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner atau angket. Sebelumnya data telah diujicobakan dan diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Uji simultan (uji F) pada hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai F hitung sebesar 8,189 dengan signifikansi 0,000. Karena signifikansi lebih kecil dari 0,05 dan jika dibandingkan dengan F tabel diperoleh angka 3,08, yang artinya F hitung lebih besar dari F tabel maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima, artinya bahwa metode pembelajaran saintifik dan fasilitas belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Selain itu, hasil uji determinasi simultan menunjukkan bahwa 9,7% variabel hasil belajar mampu dijelaskan oleh variasi variabel independen yakni metode pembelajaran saintifik dan fasilitas belajar; 2) Uji parsial (t) diperoleh hasil berupa t hitung untuk metode pembelajaran saintifik sebesar 3,197 dengan signifikansi 0,005. Jika dibandingkan dengan t tabel dapat diperoleh angka sebesar 0,197549, maka dapat disimpulkan untuk metode pembelajaran saintifik berpengaruh terhadap hasil belajar, yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. 3) Uji parsial (t) diperoleh hasil berupa t hitung untuk fasilitas belajar sebesar 3,327 dengan signifikansi 0,000. Jika dibandingkan dengan t tabel dapat diperoleh angka sebesar 0,197549. Maka dapat disimpulkan untuk fasilitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar, yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulannya adalah baik secara parsial maupun simultan variabel metode pembelajaran saintifik dan fasilitas belajar berpengaruh secara positif terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing: Barkah Lestari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Metode Pembelajaran Saintifik, Fasilitas Belajar, Hasil Belajar
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 27 Mar 2019 00:33
Last Modified: 27 Mar 2019 00:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63240

Actions (login required)

View Item View Item