TINJAUAN TENTANG PROFESIONALISME BARU (NEW PROFESSIONALISM) PADA ERA STANDARDISASI KOMPETENSI GURU

Surya, priadi (2019) TINJAUAN TENTANG PROFESIONALISME BARU (NEW PROFESSIONALISM) PADA ERA STANDARDISASI KOMPETENSI GURU. In: SEMINAR NASIONAL “PROFESIONALISME GURU ABAD 21”, Sabtu, 28 April 2018, Ruang Sidang Utama Rektorat UNY.

[img]
Preview
Text
PROSIDING GURU XXI -20 TINJAUAN TENTANG PROFESIONALISME BARU (NEW PROFESSIONALISM) PADA ERA STANDARDISASI KOMPETENSI GURU.pdf

Download (308kB) | Preview

Abstract

Globalisasi telah mengubah tatanan pendidikan, termasuk profesionalisme guru dan pengajaran itu sendiri. Kesuksesan pendidikan diasosiasian dengan capaian prestasi siswa yang diukur melalui pengukuran hasil belajar siswa pada ujian nasional dan internasional. Begitu pula dengan profesionalisme guru yang sekarang distandardisasikan dengan berbasis kepada pendekatan kompetensi. Seseorang dapat dikatakan sebagai profesional ketika memenuhi standar yang ditetapkan oleh pihak yang memiliki otoritas, seringkali adalah pemerintah, daripada organisasi atau badan dari internal profesi guru itu sendiri. Pemenuhan standar kompetensi guru dari pihak eksternal profesi merupakan sebuah keniscayaan dalam profesionalisme baru (new professionalism) yang menekankan akuntabilitas (accountability) dan orientasi hasil (outcome oriented). Hal ini bertentangan dengan profesionalisme tradisional yang menekankan otonomi (professional autonomy) dan pertimbangan profesional (professional judgement) yang berbasis bangunan keilmuan secara ilmiah (body of knowledge), yang kesemuanya berasal dari internal profesi guru. Profesionalisme guru senyatanya mesti menyinkronkan baik pandangan tradisional maupun kontemporer. Kata kunci: profesionalisme guru, profesionalisme baru, kompetensi, standar kompetensi, akuntabilitas

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: BAKI - Biro Akademik Kemahasiswaan dan Informasi
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 25 Mar 2019 03:40
Last Modified: 25 Mar 2019 03:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63234

Actions (login required)

View Item View Item