MENGEMBANGKAN KECERDASAN BUDAYA MELALUI PEMBELAJARAN IPS DI ERA GLOBAL

Suharli, Suharli (2019) MENGEMBANGKAN KECERDASAN BUDAYA MELALUI PEMBELAJARAN IPS DI ERA GLOBAL. In: SEMINAR NASIONAL “PROFESIONALISME GURU ABAD 21”, Sabtu, 28 April 2018, Ruang Sidang Utama Rektorat UNY.

[img]
Preview
Text
PROSIDING GURU XXI -16 MENGEMBANGKAN KECERDASAN BUDAYA MELALUI PEMBELAJARAN IPS.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Keragaman etnis dan budaya di Indonesia dapat menjadi sebuah kekayaan dan kekuatan jika dapat dikelola dengan baik dan sebaliknya dapat menjadi ancaman disintegrasi bangsa jika tidak dikelola dengan baik. Konflik dalam masyarakat majemuk menjadi perhatian serius sehingga pemerintah berupaya menemukan solusi yang tepat termasuk melalui melalui lembaga pendidikan. Kerukunan dan sikap terbuka terhadap segala bentuk perbedaan merupakan misi yang harus diwujudkan dan ditanamkan melalui proses pendidikan di sekolah. Oleh karena itu, kecerdasan budaya sebagai kemampuan individu dalam menyesuaikan diri dengan orang lain dalam berbagai situasi keragaman budaya dapat ditingkatkan pada peserta didik di sekolah. Memiliki kemampuan menyadari, memahami, termotivasi dan berperilaku yang positif terhadap keberagaman dapat dilakukan melalui pelibatan peserta didik dalam proses interaksi secara langsung dengan lingkungan. Menempatkan peserta didik sebagai pelaku utama dalam proses pembelajaran merupakan salah satu solusi yang harus dilakukan untuk menciptakan kerukunan, toleransi, dan sikap saling menghargai terhadap segala bentuk perbedaan. Dengan demikian maka kecerdasan budaya menjadi sebuah kompetensi yang harus dikembangkan bagi peserta didik pada kondisi masyarakat sangat heterogen. Kata Kunci: Kecerdasan Budaya, Pembelajaran IPS, Era Global

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: BAKI - Biro Akademik Kemahasiswaan dan Informasi
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 25 Mar 2019 03:19
Last Modified: 25 Mar 2019 03:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63230

Actions (login required)

View Item View Item