PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KONVERSI LAHAN SAWAH DI INDONESIA: PENERAPAN ENVIRONMENT KUZNETS CURVE (EKC)

Hikmah, Wiqoyatul (2019) PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KONVERSI LAHAN SAWAH DI INDONESIA: PENERAPAN ENVIRONMENT KUZNETS CURVE (EKC). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
skripsi full_wiqoyatul hikmah_18_12_19.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan ekonomi menyebabkan terjadinya konversi lahan sawah melalui proses transformasi struktural dan transformasi sosial. Tujuan dari penelitian ini untuk membuktikan hipotesis Environment Kuznets Curve (EKC) berupa U-terbalik pada perilaku pertumbuhan ekonomi dan konversi lahan sawah di Indonesia. Selain itu, faktor-faktor selain pertumbuhan ekonomi seperti urbanisasi, industri manufaktur, dan indsutri jasa juga ikut diteliti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis ekonometrika berupa estimasi data time series. Data time series yang digunakan dari tahun 1980-2016 dengan teknik estimasi Error Correction Model (ECM) Domowitz-Elbadawi untuk mengetahui hubungan jangka pendek dan jangka panjang. Hasil estimasi menunjukkan bahwa EKC terbukti dalam jangka pendek dengan membentuk kurva U-terbalik. EKC terbukti dalam jangka pendek karena efek Keppes No. 45 Tahun 1980 tentang pencetakan lahan sawah baru. Pencetakan lahan sawah seluas 894.726 hektar pada rentang waktu 1983-1990 menyebakan konversi lahan sawah tertutupi oleh pencetakan lahan baru sehingga konversi lahan sawah terlihat cenderung menurun. Sedangkan pada jangka panjang variabel GDP per kapita dan konversi lahan sawah membentuk kurva U. Titik balik terjadi pada tahun 2008 saat pendapatan per kapita sebesar Rp9,015,700. Hal ini disebabkan oleh indusrialisasi dan pembangunan infrastruktur yang tidak ramah lingkungan, krisis ekonomi yang memicu penjualan lahan sawah oleh petani, implementasi kebijakan pemerintah yang tidak berjalan lancar, dan desentralisasi yang cenderung menguntungkan stakeholder serta investor. Variabel urbanisasi tidak berpengaruh, variabel industri manufakur berpengaruh positif dan siginifikan dan industri jasa tidak berpengaruh terhadap konversi lahan sawah.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing: Bambang Suprayitno, M.Sc
Uncontrolled Keywords: pertumbuhan ekonomi, transformasi struktural, transformasi sosial, konversi lahan sawah, Environmental Kuznet Curve, Error Corretion Model
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi Mikro
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 25 Mar 2019 03:03
Last Modified: 25 Mar 2019 03:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63223

Actions (login required)

View Item View Item