FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FINANCIAL STRESS MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Mardiana Putri, Tika (2018) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FINANCIAL STRESS MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_TIKA MARDIANA PUTRI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi financial stress mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNY. Variabel yang dianalisis meliputi financial stressor, financial self-efficacy, financial optimism, financial literacy dan IPK, dengan perbedaan kondisi variabel kontrol berupa jenis kelamin, tahun angkatan, tempat tinggal dan mata kuliah BLKL. Penelitian ini termasuk penelitian kausal asosiatif yang meneliti pengaruh hubungan variabel bebas dan variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi UNY tahun angkatan 2014-2017. Sampel penelitian berjumlah 162 mahasiswa dengan menggunakan metode disproportionate stratified random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan angket, data dianalisis menggunakan regresi model probit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa financial stressor, financial self-efficacy, tahun angkatan dan tempat tinggal berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial stress mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNY. Sedangkan financial optimism dan financial literacy berpengaruh negatif dan signifikan terhadap financial stress mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNY. Tiga variabel lainnya yaitu IPK, jenis kelamin dan mata kuliah BLKL tidak berpengaruh terhadap financial stress mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNY.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing: Mustofa, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Financial Stress Mahasiswa, Financial Stressor, Financial Self-efficacy, Financial Optimism dan Financial Literacy
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 25 Mar 2019 03:02
Last Modified: 25 Mar 2019 03:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63221

Actions (login required)

View Item View Item