PROFESIONALISME GURU IPS DI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA

Tri Wijayanti,, Agustina and Sudrajat and Nasiwan (2019) PROFESIONALISME GURU IPS DI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA. In: SEMINAR NASIONAL “PROFESIONALISME GURU ABAD 21”, Sabtu, 28 April 2018, Ruang Sidang Utama Rektorat UNY.

[img]
Preview
Text
PROSIDING GURU XXI -3 Profesionalisme Guru Ips Di Kabupaten Sleman Yogyakarta.pdf

Download (546kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu upaya yang sistematis untuk menghasilkan generasi penerus bangsa yang berkualitas. Guru yang berkualitas dan profesioal merupakan syarat mutlak untuk menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas hingga dapat menghasilkan generasi yang berkualitas juga. Mengingat pentingnya permasalahan tersebut maka profesionalisme dan motivasi guru perlu diteliti. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survai yaitu: jenis penelitian yang mengumpulkan informasi tentang karakteristik, tindakan, pendapat dari sekelompok responden yang representative yang dianggap sebagai populasi. Desain survai yang dipilih adalah cross-sectional survey dengan sampel tertentu dalam jangka waktu yang relative pendek. Populasi penelitian adalah guru IPS SMP/Mts di Kabupaten Sleman yang berjumlah 239 orang yang mengajar pada sekolah swasta maupun negeri. Dengan teknik simple random sampling tim peneliti mengambil sampel sebanyak 41 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) yang terdiri dari 32 item pertanyaan. Teknik analisis data yang dipergunakan statistik diskriptif dengan menghitung mean, modus dan median untuk menemukan dan menggambarkan tendensi sentral profesionalisme guru IPS di Kabupaten Sleman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme guru IPS SMP/Mts di Kabupaten Sleman dalam kategori baik. Dari lima aspek yang disurvai, dua aspek yang menunjukkan baik, sedangkan empat aspek lainnya kategori cukup. Keempat aspek yang disurvai yaitu: kemampuan akademik (2,55), kemampuan guru dalam penelitian dan karya ilmiah (2,43), kemampuan dalam pengembangan profesi (2,93), wawasan kependidikan guru (2,93). Satu aspek lainnya yang disurvai adalah motivasi dan dorongan untuk berprestasi yaitu 2,94. Kata Kunci: Profesionalisme, Guru, IPS

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: BAKI - Biro Akademik Kemahasiswaan dan Informasi
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 22 Mar 2019 06:18
Last Modified: 22 Mar 2019 06:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63201

Actions (login required)

View Item View Item