PENGARUH DISIPLIN BELAJAR, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, DAN KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI BISNIS SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 DEPOK

Zeniko Tridira Pungkasari, Anastasia (2019) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, DAN KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI BISNIS SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 DEPOK. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
skripsi lengkap pdf.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

lingkungan teman sebaya, dan kondisi sosial ekonomi terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi bisnis di SMK Negeri 1 Depok baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ini adalah disiplin belajar, lingkungan teman sebaya, kondisi sosial ekonomi dan prestasi belajar ekonomi bisnis. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Depok sebanyak 252 siswa, dan diambil 148 siswa sebagai sampel dengan teknik propotional random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dan analisis data yang digunakan adalah regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi bisnis dengan ditunjukkan oleh nilai thitung = 3,110 dengan sigifikansi 0,002. (2) lingkungan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi bisnis dengan ditunjukkan oleh nilai thitung = 5,096 dengan sigifikansi 0,000. (3) kondisi sosial ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi bisnis dengan ditunjukkan oleh nilai thitung = 3,607 dengan sigifikansi 0,000. (4) disiplin belajar, lingkungan teman sebaya, dan kondisi sosial ekonomi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa dengan nilai Fhitung = 26,541 dan signifikansi 0,000. Sumbangan efektif ketiga variabel bebas yaitu disiplin belajar, lingkungan teman sebaya, dan kondisi sosial ekonomi sebesar 35,6% dan sisanya 64,4% dipengaruhi oleh variabel lain. Adapun variabel yang paling dominan kontribusinya adalah variabel lingkungan teman sebaya dengan SE=18,5% dan SR=50,9%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Sukidjo, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua, Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 25 Mar 2019 02:55
Last Modified: 25 Mar 2019 02:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63189

Actions (login required)

View Item View Item