EFISIENSI EKONOMI PENGGUNAAN FAKTOR PRODUKSI PADA UMKM RITEL MAHASISWA DI LABORATORIUM KEWIRAUSAHAAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Fatimah, Ratnawati (2018) EFISIENSI EKONOMI PENGGUNAAN FAKTOR PRODUKSI PADA UMKM RITEL MAHASISWA DI LABORATORIUM KEWIRAUSAHAAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL PDF.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Keberadaan Laboratorium Kewirausahaan UNY mempunyai berbagai sarana dan prasarana dengan nilai yang cukup besar, sehingga harus dimanfaatkan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Efisiensi penggunaan faktor produksi UMKM ritel mahasiswa di Laboratorium Kewirausahaan UNY, 2) faktor-faktor penghambat yang dihadapi UMKM ritel mahasiswa di Laboratorium Kewirausahaan UNY. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi seluruh UMKM ritel mahasiswa yang ada di Lab KWU UNY ada sebanyak 22 UMKM. Sampel ditetapkan sebanyak 16 UMKM ritel mahasiswa secara purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan: Wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis efiensi menggunakan metode DEA (Data Envelopment Analysis) dengan program MaxDEA7 Basic UMKM dikelompokkan menjadi 3 kelompok/cluster Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Kluster UMKM ritel mahasiswa produksi (non makanan) ada satu UMKM (17%) yang sudah efisien dan lima UMKM (83%) belum efisien, kluster UMKM ritel mahasiswa produksi (makanan) ada dua UMKM (67%) yang sudah efisien dan satu UMKM (33%) belum efisien, kluster UMKM ritel mahasiswa reseller ada empat UMKM (57%) yang sudah efisien dan ada tiga UMKM (43%) yang belum efisien, 2) faktor penghambat yang paling banyak dirasakan oleh UMKM ritel mahasiswa adalah modal (56%), selain itu juga ada promosi (50%), tenaga kerja (37,5%), waktu (25%) dan lokasi (12,5%).

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Endang Mulyani, M.Si
Uncontrolled Keywords: Efisiensi Ekonomi, UMKM, Laboratorium kewirausahaan
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi Mikro
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 25 Mar 2019 02:52
Last Modified: 25 Mar 2019 02:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63170

Actions (login required)

View Item View Item