PENGARUH MOTIVASI KELUARGA, LIFE SKILL DAN PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAANTERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI 2 WONOGIRI

Wulan, Aprilya (2018) PENGARUH MOTIVASI KELUARGA, LIFE SKILL DAN PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAANTERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI 2 WONOGIRI. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi Aprilya 13804241028.pdf

Download (869kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh motivasi keluarga, life skill, dan prestasi belajar kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa SMK Negeri 2 Wonogiri, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto, berdasarkan datanya termasuk penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 2 Wonogiri tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 200 siswa. Adapun sampel penelitian ini diambil sejumlah 127 siswa, dengan random sampling. Data pada penelitian ini diambil melalui penyebaran instrumen angket dan ujicoba instrumen penelitian dengan teknik one-shot. Uji instrumen diketahui bahwa instrumen ini telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas instrumen. Tingkat reliabilitas angket motivasi keluarga 0,872; angket life skill 0,889 dan angket minat berwirausaha 0,897. Analisis data yang digunakan analisis regresi linier berganda, dengan uji prasyarat, antara lain: uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi keluarga terhadap minat berwirausaha pada siswa SMK Negeri 2 Wonogiri, dan memberikan kontribusi efektif sebesar 20,843%; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan life skill terhadap minat berwirausaha pada siswa SMK Negeri 2 Wonogiridanmemberikan kontribusi efektif sebesar 15,188%; (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan prestasi belajar kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada siswa SMK Negeri 2 Wonogiridan memberikan kontribusi efektif sebesar 13,625%; dan (4) Terdapat pengaruh positif yang signifikan motivasi keluarga, life skill dan prestasi belajar kewirausahaan secara simultan terhadap minat berwirausaha pada siswa SMK Negeri 2 Wonogiri. Motivasi keluarga, life skill dan prestasi belajar kewirausahaan secara simultan memberikan kontribusi efektif sebesar 49,7% terhadap minat berwirausaha pada siswa SMK Negeri 2 Wonogiri.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing: Supriyanto MM
Uncontrolled Keywords: minat berwirausaha, motivasi keluarga, life skill, prestasi belajar, kewirausahaan
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 25 Mar 2019 01:25
Last Modified: 25 Mar 2019 01:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63168

Actions (login required)

View Item View Item