PENGEMBANGAN LATIHAN TEKNIK DASAR KEMPO MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PARA KOHAI PEMULA (9-11 TAHUN) PERKEMI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Wali, Carles Nyoman (2021) PENGEMBANGAN LATIHAN TEKNIK DASAR KEMPO MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PARA KOHAI PEMULA (9-11 TAHUN) PERKEMI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_carles nyoman wali_19711251050.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model latihan teknik dasar bela diri kempo berbasis permainan tradisional kohai usia 9 – 11 tahun yang telah disesuaikan dengan karakter kohai usia 9 – 11 tahun. Diharapkan model latihan ini dapat dipergunakan oleh sinpai/pelatih dalam melaksanakan latihan teknik dasar bela diri kempo bagi kohai usia 9 – 11 tahun. Penelitian ini dilakukan dengan mengadaptasi langkah – langkah penelitian pengembangan Borg dan Gall, yang diadaptasi menjadi 8 langkah pelaksanaan penelitian, langkah – langkah tersebut diantaranya: 1) pengumpulan informasi lapangan 2) analisis informasi yang telah dikumpulkan 3) mengembangkan produk awal 4) validasi ahli dan revisi 5) uji coba skala kecil dan revisi 6) uji coba skala besar dan revisi 7) pembuatan produk final 8) uji efektivitas produk. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap 10 kohai dari dojo SMP Panjatan dan 10 kohai dari dojo Amikom dan uji skala besar dilakukan pada kohai di dojo Triharjo, Balong, dan Gunugn Kidul masing masing 15 kohai dengan jumlah keseluruhan 45 kohai. Subjek dalam penelitian ini adalah para kohai usia 9 – 11 tahun pada lima dojo di perkemi Daerah Istimewah Yogyakarta. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah petunjuk umum wawancara, catatan lapangan, lembar evaluasi, angket skala validasi, rubric penilaian kohai, pedoman observasi permainan, pedoman observasi keefektifan dan rubrik penilaian uji efektivitas permainan. Hasil penelitian merupa model latihan teknik dasar bela diri kempo berbasis permainan tradisional bagi kohai usia 9 – 11 tahun terdiri dari 5 model latihan dalam permainan yaitu: 1) permainan Hadang, 2) permainan Lompat Tali, 3) permainan Getrik Kayu, 4) Permainan Engkle, 5) permainan Rangku Alu. Model latihan berbasis permainan tradisional ini disusun dalam bentuk buku pedoman dengan judul Buku Panduan Latihan Berbasis Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Teknik Dasar Bela Diri Kempo. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model latihan teknik dasar berbasis permainan tradisional untuk para kohai usia 9 – 11 tahun yang telah dikembangkan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Widiyanto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: kempo
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Feb 2021 02:21
Last Modified: 17 Feb 2021 02:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63132

Actions (login required)

View Item View Item