REFLEKSI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MAHASISWA PRAKTIK KEPENDIDIKAN PJKR UNY DI SMP NEGERI PIYUNGAN DAN SMA NEGERI BANGUNTAPAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI

Arga, Muhammad Wahyu (2021) REFLEKSI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MAHASISWA PRAKTIK KEPENDIDIKAN PJKR UNY DI SMP NEGERI PIYUNGAN DAN SMA NEGERI BANGUNTAPAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_muhammad wahyu arga_18711251007.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan refleksi dan memperoleh gambaran mengenai kemampuan komunikasi seorang mahasiswa praktek kependidikan dalam melaksanakan pembelajaran di kelas dan memberikan rujukan referensi mengenai komunikasi interpersonal yang efektif guna mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan desain penelitian studi deskriptif analitis. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Responden dari penelitian berjumlah 4 orang yang merupakan mahasiswa PPL PJKR UNY. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Piyungan, SMPN 2 Piyungan, SMAN 1 Banguntapan, dan SMAN 2 Banguntapan. Hasil dari penelitian ini yaitu mengenai refleksi kemampuan komunikasi mahasiswa PK PJKR UNY dalam proses kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hasil dari analisis data didapati bahwa refleksi kemampuan komunikasi mahasiswa PK PJKR UNY belum cukup efektif. Terdapat beberapa temuan yang cukup menarik dan perlu untuk disikapi oleh instansi maupun stakeholder yang berwenang menyiapkan guru atau calon guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik. Temuan baru tersebut diantaranya; a) Rasa percaya diri yang belum maksimal pada saat mengajar, setelah dilakukan analisis rasa percaya diri yang tidak maksimal ini dikarenakan beberapa responden tidak terlalu menguasai yang disampaikanya sehingga dalam penyampaianya tidak efektif, b) Kemampuan beretorika, guru sebagai pendidik erat kaitanya dengan penyampaian informasi kepada lawan bicaranya dalam hal ini siswa, berdasarkan data yang didapat responden dalam menyampaikan informasi masih terlihat kurang efektif, pemilihan bahasa, permainan intonasi dan pemilihan kalimat yang efektif masih belum maksimal, c) Kepedulian terhadap siswa dalam hal berkomunikasi, kemampuan siswa dalam keterampilan tertentu tidak dapat dipukul rata, siswa memiliki kemampuan serta minat yang berbeda satu sama lain, sehingga guru diharapkan dapat peka dan peduli akan hal ini dengan melakukan pendekatan secara verbal melalui komunikasi yang intens.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Muhammad Hamid Anwar, M.Phil.
Uncontrolled Keywords: pendidikan jasmani
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Feb 2021 02:14
Last Modified: 17 Feb 2021 02:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63131

Actions (login required)

View Item View Item