PENGALAMAN DAN MAKNA PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN BAGI GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BANTUL

Hasan, Fuad (2020) PENGALAMAN DAN MAKNA PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN BAGI GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BANTUL. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_fuad hasan_17711251104.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengembangan Profesi berkelanjutan merupakan salah satu kegiatan yang penting dalam dunia pendidikan. Kurangnya pengalaman guru tentang pengembangan profesi dan makna yang dilekatkan pada pengembangan keprofesian menjadi masalah tersendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam pengembangan profesi dan makna yang dilekatkan dalam pengalaman tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini yaitu guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sekolah dasar di Kabupaten Bantul. Instrumen penelitian ini adalah pedoman wawancara. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi langsung melalui pengamatan dilapangan serta penelusuran dokumen.Teknik analisis yaitu dengan mendeskripsikan hasil secara kualitatif. Deskripsi pengalaman dan makna kegiatan pengembangan profesi berkelanjutan bagi guru pendidikan jasmani olahraaga dan kesehatan bagi guru sekolah dasar di Kabupaten Bantul disajikan sebagai hasil penelitian. Pengalaman kegiatan PKB secara umum yaitu KKG, PPG, PLPG, pelatihan kurikulum, seminar serta PTK. Secara khusus pengalaman PKB yaitu pelatihan atletik, kepelatihan senam dan kepelatihan cabang olahraga tertentu. Sedangkan, makna terkait PKB terbagi menjadi beberapa tema yaitu makna terkait fungsi, makna terkait emosi, makna terkait atribut-atribut person serta makna terkait kesadaran pribadi sebagai seorang guru.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Muhammad Hamid Anwar, M.Phil.
Uncontrolled Keywords: pendidikan jasmani
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Feb 2021 02:00
Last Modified: 17 Feb 2021 02:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63130

Actions (login required)

View Item View Item