EFEKTIVITAS PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SEBAGAI DASAR PENGEMBANGAN KEPROFESIONALAN BAGI CALON GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Djatmiko, Istanto Wahyu and Hadi, Samsul and Yuniarti, Nurhening (2016) EFEKTIVITAS PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SEBAGAI DASAR PENGEMBANGAN KEPROFESIONALAN BAGI CALON GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
24_Efektivitas Praktik Pengalaman Lapangan sebagai dasar Pengembangan Keprofesionalan bagi calon guru sekolah mengengah Kejuruan.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib tempuh bagi mahasiswa jenjang S-1 semua program studi kependidikan di lingkungan Universitas Negeri Yogyakarta dengan beban studi 3 sks. Penelitian ini bertujuan melakukan evaluasi pelaksanaan PPL berdasarkan model pengembangan keprofesionalan Guskey, yang mencakup: (1) mengetahui peranserta mahasiswa dalam persiapan program PPL sebagai dasar pengembangan keprofesionalan calon guru, (2) mengetahui mutu pembelajaran yang dihasilkan mahasiswa selama pelaksanaan PPL di kelas, (3) mengetahui mutu kerjasama antara UNY-SMK-mahasiswa yang harus dikembangkan agar dihasilkan peningkatan mutu manajemen program PPL, (4) mengetahui upaya peningkatan pengetahuan dan keterampilan baru oleh mahasiswa selama PPL untuk peningkatan kompetensi dan mutu pembelajaran bagi siswa, dan (5) mengetahui dampak PPL sebagai hasil dasar pengembangan profesional dapat meningkatkan mutu kompetensi mengajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan model evaluasi pengembangan profesional Guskey. Obyek penelitian ini adalah persiapan dan pelaksanaan PPL di SMK dengan subyek penelitian mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro dan Mekatronika, Fakultas Teknik UNY sebanyak 50 orang, siswa sebagai peserta didik pada program PPL sebanyak 150 orang, dan guru pembimbing sebanyak 30 orang. Data dikumpulkan dengan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis secara deskriptif yang berupa distribusi kategori, modus, dan grafik. Hasil penelitian dapat diketahui: (1) sebagian besar mahasiswa (94,0%) peranserta mahasiswa sebelum PPL termasuk dalam kategori lebih dari “Baik”, (2) mutu pembelajaran mutu pembelajaran sebagian mahasiswa (98,0%) termasuk kategori lebih dari “Baik”, (3) mutu kerjasama PPL menurut semua guru (100,0%) yang terlibat dalam program PPL termasuk kategori lebih dari “Baik” dan menurut sebagian besar mahasiswa PPL (90,0%) termasuk kategori lebih dari “Baik”, (4) penambahan pengetahuan baru yang dilakukan mahasiswa selama pelaksanaan selama PPL dapat dirasakan oleh siswa dalam peningkatan kompetensi siswa (72,0%) dan mutu pembelajaran(78,0%) termasuk kategori lebih dari “Baik”. Selanjutnya, penambahan keterampilan baru yang dilakukan mahasiswa selama pelaksanaan selama PPL dapat dirasakan oleh siswa dalam peningkatan kompetensi sebagian siswa (70,0%) dan mutu pembelajaran (78,75) termasuk kategori lebih dari “Baik”, dan (5) dampak pengembangan profesional dalam program PPL dapat dilihat dari capaian setiap kompetensi mengajar mahasiswa PPL, yaitu: (1) kompetensi pedagogi secara keseluruhan (100,0%) termasuk kategori lebih dari “Baik”, (2) kompetensi profesional mahasiswa PPL secara keseluruhan (100,0%) termasuk kategori lebih dari “Baik”, (3) kompetensi mahasiswa secara keseluruhan (96,6%) kompetensi termasuk kategori lebih dari “Baik, dan (4) kompetensi sosial mahasiswa secara keseluruhan (100,0%) termasuk kategori lebih dari “Baik”.

Item Type: Experiment/Research
Uncontrolled Keywords: praktik pengalaman lapangan, pengembangan keprofesionalan, sekolah menengah kejuruan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 13 Mar 2019 02:43
Last Modified: 13 Mar 2019 02:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63114

Actions (login required)

View Item View Item