UPAYA MENINGKATKAN PROFESIONALITAS CALON GURU LULUSAN JURDIKNIK ELEKTRO MELALUI PENERAPAN MODEL PAIKEM PADA MATA KULIAH PENGAJARAN MIKRO

Zamtinah, Zamtinah and Heru TM, Totok and Basrowi, Basrowi and Yuniarti, Nurhening (2010) UPAYA MENINGKATKAN PROFESIONALITAS CALON GURU LULUSAN JURDIKNIK ELEKTRO MELALUI PENERAPAN MODEL PAIKEM PADA MATA KULIAH PENGAJARAN MIKRO. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
20_Laporan Penelitian Hibah Pengajaran PHK-I Tahun 2009.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi dosen pengampu mata kuliah Pengajaran Mikro terhadap kelayakan visualisasi Model PAIKEM ditinjau dari kemanfaatan dan kinerjanya, persepsi mahasiswa terhadap efektivitas penerapan Model PAIKEM, seberapa besar penerapan Model PAIKEM mampu meningkatkan profesionalitas calon guru lulusan Jurdiknik Elektro FT UNY, serta untuk mengetahui model PAIKEM yang paling diminati mahasiswa peserta Mata Kuliah Pengajaran Mikro. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY dan sebagai subyek penelitiannya mahasiswa yang mengambil mata kuliah Pengajaran Mikro Tahun Akademik 2008/2009. Jenis penelitian ini adalah riset dan pengernbangan-Tahapan penelitian diawali dengan kegiatan studium general tentang pembelajaran inovatif, kemudian mahasiswa menerapkanya pada saat praktik mengajar skala terbatas (Pengajaran Mikro). Kegiatan berikutnya adalah mengembangkan CD pembelajaran Model Paikem yang jenisnya dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan minat dan mata pelajaran yang dipraktikkan. Ada 3 jenis CD pembelajaran yang dikembangkan dan kemudian diterapkan sebagai media pembelajaran untuk diteliti efektivitasnya. Responden penelitian ini adalah 8 dosen pengajar mata kuliah Pengajaran Mikro dan 21 mahasiswa peserta kuliah Pengajaran Mikro. Metode dan instrurnen yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi, dan dokurnentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif persentase. Hasil penelitian ini adalah dapat dikembangkan tiga jenis CD Pembelajaran Model PAIKEM yaitu pembelajaran dua model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dan sebuah CD Model Pembelajaran Kooperatif. CD tersebut divalidasi oleh 8 dosen pengampu mata kuliah Pengajaran Mikro. Hasil uji validasi dari aspek kemanfaatan diperoleh skor rerata 3,4 dari skor maksimurn 4 atau masuk kategori sangat layak dan dari aspek teknis dan unjuk kerja diperoleh skor rerata sebesar 2,9 atau masuk kategori layak. Efektivitas Model Paikem menurut mahasiswa diperoleh skor rerata 3,4 dari skor maksimum 4, yang berarti masuk kategori sangat layak, sedang ditinjau dari peningkatan profesionalitas yang indikatorya peningkatan nilai dari mata kuliah Pengajaran Mikro ke PPL diperoleh hasil dari 21 mahasiswa yang nilainya meningkat sejumlah 11 mahasiswa atau 53%, jumlah mahasiswa yang nilainya tetap atau stabil 8 mahasiswa atau 3 8%, dan mahasiswa yang nilainya turun 2 mahasiswa atau 9%. Model Pembelajaran PAIKEM yang diminati mahasiswa adalah Model CTL dan Kooperatif.

Item Type: Experiment/Research
Uncontrolled Keywords: Profesionalitas guru, model pembelajaran PAIKEM, pengajaran Mikro
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 13 Mar 2019 02:19
Last Modified: 13 Mar 2019 02:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63110

Actions (login required)

View Item View Item