UPAYA MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA JAWA MELALUI MEDIA FLASH CARD PADA ANAK KELOMPOK B DI TK PERTIWI 1 BERAN TRIDADI SLEMAN

Novita, Sari (2019) UPAYA MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA JAWA MELALUI MEDIA FLASH CARD PADA ANAK KELOMPOK B DI TK PERTIWI 1 BERAN TRIDADI SLEMAN. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Novita Sari_14111244002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kosakata bahasa Jawa krama melalui media flash card pada anak kelompok B di TK Pertiwi I Beran Tridadi Sleman. Penelitian ini dilakukan karena terdapat permasalahan dalam perkembangan kosakata bahasa Jawa di kelompok B. Rendahnya kosakata bahasa Jawa krama anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang berkolaborasi antara peneliti dan guru. Subjek yang diteliti adalah anak kelompok B TK Pertiwi I Beran yang berjumlah 13 anak yang terdiri 2 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Model penelitian yang digunakan mengadaptasi dari Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini minimal 80% pada berkembang sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan media flash card dapat meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Jawa pada anak kelompok B di TK Pertiwi I Beran. Kemampuan kosakata bahasa Jawa krama dapat meningkat dengan penggunaan media flash card dilakukan dengan beberapa langkah yaitu: 1) kartu-kartu yang telah disusun dipegang setinggi dada dan menghadap ke anak, 2) cabut kartu satu per satu setelah guru selesai menerangkan, 3) berikan kartu-kartu yang telah diterangkan tersebut kepada anak yang dekat dengan guru, 4) mintalah anak untuk mengamati kartu tersebut, selanjutnya diteruskan kepada anak lain hingga semua anak mengamati, 5) tindakan atau penyampaian tersebut dilakukan secara pengulangan yaitu mengenalkan suatu gambar atau kata dengan cara yang sama dan flash card yang dikenalkan anak juga sama. Data awal kemampuan kosakata bahasa Jawa Pra Tindakan belum menunjukkan persentase pada kriteria berkembang sangat baik, yaitu 0%. Pada Siklus I menunjukkan persentase pada kriteria berkembang sangat baik meningkat menjadi 7,7%. Pada Siklus II kriteria berkembang sangat baik mengalami peningkatan yang signifikan, yaitu 92,3%. Kata kunci: Kosakata bahasa Jawa, media flash card, Kelompok B.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 13 Mar 2019 01:10
Last Modified: 13 Mar 2019 01:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63108

Actions (login required)

View Item View Item