Mufida, Nur Maisaroh (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BEMO CERIA UNTUK MENGENALKAN PENGETAHUAN MORAL ANAK TK KELOMPOK B. S1 thesis, PAUD.
Text
Mufida Nur Maisaroh_14111241052.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif Bemo Ceria (Belajar Moral Cerita Anak) untuk mengenalkan pengetahuan moral anak TK kelompok B. Jenis penelitian ini mengadopsi model pengembangan Borg and Gall. Langkah yang ditempuh dalam penelitian dan pengembangan ini meliputi: (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal, (2) perencanaan, (3) pengembangan format produk awal, (4) uji coba lapangan awal, (5) revisi produk utama, (6) uji coba lapangan utama, dan (7) revisi produk akhir. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 148 anak TK kelompok B di Gugus I Seyegan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket validasi ahli materi, ahli media dan guru, observasi, serta wawancara. Data hasil penelitian dianalisis meggunakan teknik deksriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penilaian dari ahli materi memperoleh jumlah nilai 54 dengan kriteria sangat baik dan penilaian ahli media memperoleh jumlah nilai 94 dengan kategori sangat baik. Hasil penilaian rerata skor keseluruhan pada uji coba lapangan adalah 49,1 berkategori baik. Sedangkan hasil penilaian guru memperoleh presentase 100% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa multimedia Bemo Ceria yang dikembangkan layak digunakan untuk mengenalkan pengetahuan moral pada anak usia TK B. Kata kunci: multimedia, pengetahuan moral, anak TK B
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini |
Depositing User: | Admin PGPAUD FIP |
Date Deposited: | 13 Mar 2019 01:07 |
Last Modified: | 13 Mar 2019 01:07 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63107 |
Actions (login required)
View Item |