PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PRAKTIK RANGKAIAN LISTRIK MELALUI PENERAPAN LESSON STUDY

Surwi, Faranita and Heru, Totok and Soenarto, Sunaryo and Yuniarti, Nurhening and Muhfizaturrahmah, Muhfizaturrahmah and Asnawi, Rustam (2017) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PRAKTIK RANGKAIAN LISTRIK MELALUI PENERAPAN LESSON STUDY. Jurnal Edukasi Elektro, 1 (1). ISSN 2548 - 8260

[img]
Preview
Text
11_Peningkatan Kualitas Pembelajaran Praktik Rangkaian Listrik Melalui Penerapan Lesson Study.pdf

Download (136kB) | Preview

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk: (1) mendapatkan pola penerapan pembelajaran berbasis lesson study pada mata kuliah Praktik Rangkaian Listrik, dan (2) mengetahui kompetensi yang dicapai mahasiswa pada mata kuliah Praktik Rangkaian Listrik berbasis lesson study. Metode pengembangan sistem pembelajaran yang diterapkan adalah lesson research dengan lesson study model Lewis (2002). Berdasarkan hasil kajian diperoleh pola penerapan pembelajaran berbasis lesson study pada mata kuliah Praktik Rangkaian Listrik adalah: (1) mewajibkan mahasiswa mempelajari materi yang akan dipraktikkan; (2) dosen menyampaikan tujuan praktikum dan melakukan apersepsi dengan baik; (3) mengadakan pretest; (4) memberi penjelasan singkat teori pendukung; (5) praktikum dilaksanakan secara kelompok dengan jumlah anggota 3-4 orang; (6) melaksanakan praktikum sesuai prosedur dan membuat laporan sementara; (7) adanya umpan balik terhadap data yang diperoleh, (8) mahasiswa diwajibkan untuk menganalisis data dan membuat laporan praktikum. Penerapan lesson study dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa pada mata kuliah Praktik Rangkaian Listrik, adapun pencapaian nilai ratarata untuk siklus I, II dan III berturut-turut sebesar 8,75; 8,77; dan 9,28.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kompetensi, lesson study, praktik rangkaian listrik
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 11 Mar 2019 08:23
Last Modified: 11 Mar 2019 08:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63060

Actions (login required)

View Item View Item