PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGAMBAR PROPORSI TUBUH WANITA BERBASIS VIDEO ANIMASI UNTUK SISWA KELAS X TATA BUSANA SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL

Lihawanda, Sofia (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGAMBAR PROPORSI TUBUH WANITA BERBASIS VIDEO ANIMASI UNTUK SISWA KELAS X TATA BUSANA SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media video pembelajaran untuk menggambar proporsi tubuh wanita dewasa, 2) mengetahui kelayakan materi media video pembelajaran untuk menggambar proporsi tubuh wanita dewasa dan 3) mengetahui kelayakan media video pembelajaran untuk menggambar proporsi tubuh wanita dewasa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model penelitian 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan dengan tahap meliputi: 1) define atau pendefinisian, 2) design atau perancangan, 3) develop atau pengembangan yang terdiri validitas dan reabilitas instrumen serta validitas produk dan 4) disseminate atau penyebaran yang tidak dilakukan karena dibatasi sampai uji kelayakan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Busana di SMK Muhammadiyah 1 Tempel Yogyakarta. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian berupa: 1) Produk media pembelajaran menggambar proporsi tubuh wanita dewasa berbasis video animasi yang dinyatakan layak, 2) media pembelajaran menggambar proporsi tubuh wanita dewasa berbasis video animasi dari ahli materi mendapatkan persentase 96,8% kategori layak dan ahli media 98% termasuk dalam kategori layak, media ini dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media belajar, 3) media pembelajaran menggambar proporsi tubuh wanita dewasa berbasis video animasi berdasarkan developmental testing mendapatkan persentase 80% kategori sangat layak, validation testing mendapatkan persentase 81% kategori sangat layak. Berdasarkan analisis data media pembelajaran dasar desain berbasis video animasi sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran kelas X Tata Busana SMK Muhammadiyah 1 Tempel.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: video animasi, proporsi tubuh, tata busana
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 04 Mar 2019 01:48
Last Modified: 04 Mar 2019 01:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63003

Actions (login required)

View Item View Item