PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMBUATAN POLA BADAN SISTEM SOEN SISWA KELAS X BUSANA 2 SMK NEGERI 2 GODEAN

Noviani, Ratih (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMBUATAN POLA BADAN SISTEM SOEN SISWA KELAS X BUSANA 2 SMK NEGERI 2 GODEAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA-INGGRIS.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menerapkan model pembelajaran Project Based Learning pada materi pembuatan pola badan sistem Soen di kelas X Busana 2 SMK Negeri 2 Godean; 2) meningkatkan kemampuan unjuk kerja pada materi pembuatan pola badan sistem Soen dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning di kelas X Busana 2 SMK Negeri 2 Godean. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model spiral Kemmis dan McTaggart, dilakukan dalam 2 siklus. Tahapan siklus meliputi tahap perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Busana 2 di SMK Negeri 2 Godean yang berjumlah 32 siswa tahun ajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi pelaksanaan Project Based Learning , dan tes unjuk kerja pembuatan pola badan sistem Soen. Pembuktian validitas instrumen menggunakan validitas isi yaitu meminta pertimbangan kepada judgement expert dengan hasil akhir instrument layak digunakan dalam penelitian. Pembuktian reliabilitas menggunakan metode Antar Rater menggunakan tingkat Procentage Of Agreement yang menyatakan bahwa instrument reliable dan dapat digunakan dalam penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan model pembelajaran Project Based Learning pada materi pembuatan pola badan sistem Soen dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) Pendahuluan: salam pembuka, absensi, apersepsi; (b) Kegiatan inti: tahap (1): penentuan proyek (mengamati, menanya), tahap (2): perancangan langkah-langkah peyelesaian proyek (menalar), tahap (3): penyusunan jadwal pelaksanaan proyek (mencoba), tahap (4): penyelesaian proyek dengan fasilitas dan monitoring guru (mencipta), tahap (5): penyusunan laporan dan presentasi/publikasi hasil proyek (mengkomunikasikan); (c) Penutup: tahap (6): evaluasi proses dan hasil proyek; 2) Peningkatan kemampuan unjuk kerja pembuatan pola badan sistem Soen yang ditunjukan dengan peningkatan persentase nilai unjuk kerja siswa dari pra siklus 37.5% yaitu 12 siswa dinyatakan mampu, menjadi 68.72% dengan jumlah siswa 22 orang pada siklus I, dan siklus II meningkat menjadi 100% yaitu 32 siswa. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan unjuk kerja pembuatan pola badan sistem Soen kelas X Busana 2 SMK N 2 Godean.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, kemampuan unjuk kerja, pola Soen, Siswa, SMK
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 04 Mar 2019 01:44
Last Modified: 05 Mar 2019 03:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63002

Actions (login required)

View Item View Item