Pengembangan e-learning UNY

Sukardi, Sukardi and Widiatmono, Restu and Surjono, Herman Dwi (2007) Pengembangan e-learning UNY. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Laporan_elearning_herman_2007.pdf

Download (315kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian dalam kerangka pengembangan e-learning di Universitas Negeri Yogyakarta, agar diperoleh parameter-parameter perbaikan yang dapat dilakukan untuk memperbaiki dan mengefektifkan sistem yang telah ada. Aspek-aspek yang diungkap dalam penelitian ini antara lain: Mengidentifikasi dan mengukur tingkat penerapan pada mata kuliah yang telah terdaftar di e-learning UNY, Mengembangkan dan menganalisis kebutuhan dosen dan mahasiswa (need analysis) terhadap layanan e-learning yang difasilitasi oleh UPT Pusat Komputer Universitas Negeri Yogyakarta, Mengidentifikasi kendala-kendala yang muncul pada penggunaan fasilitas e-learning yang telah ada, Mengidentifikasi perbaikan-perbaikan yang diharapkan pada fasilitas e-learning yang telah ada, Melakukan evaluasi tentang kepuasan pengguna e-learning, dan Mengidentifikasi pokok-pokok pengembangan lebih lanjut e-learning UNY. Metode penelitian adalah deskriptif analitis dengan teknik analisis bersifat kuantitatif dan bersifat kualitatif yang berupa analisis perbandingan, pendalaman serta penajaman oleh melalui diskusi terbatas (focus group of discussion) yang pesertanya terdiri dari para dosen, mahasiswa dan pakar pembelajaran e-learning. Obyek yang diteliti adalah fasilitas e-learning UNY dengan alamat URL http://elearning.uny.ac.id dan mata kuliah yang telah terdaftar di dalam e-learning UNY. Observasi dilakukan terhadap 77 mata kuliah teraktif dalam satu bulan terakhir di bulan November 2007. Sampel yang diteliti adalah dari responden sejumlah 173 orang mahasiswa dan 25 orang dosen di lingkungan UNY Hasil penelitian adalah yang diperoleh adalah sebagai berikut: Fasilitas e-learning UNY telah dikembangkan dengan menggunakan LMS Moodle dan telah berfungsi dengan baik; Implementasi e-learning dalam perkuliahan di UNY masih belum optimal dilihat dari masih rendahnya aktivitas pada sebagian besar matakuliah yang terdaftar; Dosen dan mahasiswa UNY menganggap e-learning telah memenuhi aspek-aspek PBM sehingga perlu untuk diterapkan dalam perkuliahan; Kesiapan fasilitas dan SDM secara umum telah dianggap mencukupi; Kendala-kendala yang ada dalam penerapan e-learning adalah kurangnya sosialisasi penggunaan, masih dianggap perlunya pelatihan bagi pengguna e-learning khususnya dosen, perlunya meningkatkan motivasi dosen dalam mengembangkan e-learning, dan kendala bagi mahasiswa lebih tertuju pada kurangnya fasilitas terminal komputer yang dapat digunakan; Fasilitas e-learning yang sudah ada dianggap sudah cukup memenuhi kebutuhan pengguna dengan baik tetapi masih perlu penyederhanaan; serta Fasilitas-fasilitas umum e-learning UNY seperti informasi perkuliahan, adanya materi perkuliahan, fasilitas pemberian tugas/quiz, forum dan pengumuman, serta penilaian, tetap dianggap penting untuk dikembangkan.

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 25 Sep 2012 10:36
Last Modified: 25 Sep 2012 10:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6300

Actions (login required)

View Item View Item