PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMA

Herawati, Herawati and Suyoso, Suyoso (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
2_Naskah Skripsi Lengkap.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran materi Fluida Statik berbasis guided inquiry berbantuan aplikasi Edmodo yang layak untuk meningkatkan penguasaan materi dan keterampilan proses sains peserta didik SMA dan (2) mengetahui peningkatan penguasaan materi dan keterampilan proses sains peserta didik SMA setelah melalui proses pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran berbasis guided inquiry berbantuan aplikasi Edmodo. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D menurut Thiagarajan dan Semmel yang memiliki 4 tahap: define, design, develop, dan disseminate. Produk penelitian pengembangan ini berupa perangkat pembelajaran berbasis guided inquiry berbantuan aplikasi Edmodo pada materi pokok Fluida Statik. Uji coba produk meliputi uji coba terbatas pada peserta didik kelas XI-MIPA 3 SMAN 1 Seyegan dan uji coba lapangan pada peserta didik kelas XI-MIPA 2 SMAN 1 Seyegan. Kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dilihat dari skor penilaian validator dan respon peserta didik. Peningkatan penguasaan materi peserta didik dianalisis menggunakan standar gain berdasarkan nilai pretest dan posttest. Keterampilan proses sains peserta didik dianalisis menggunakan standar gain berdasarkan hasil lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) produk perangkat pembelajaran berbasis guided inquiry berbantuan aplikasi Edmodo yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan penguasaan materi dan keterampilan proses sains peserta didik SMA dengan kategori sangat baik dan (2) perangkat pembelajaran berbasis guided inquiry berbantuan aplikasi Edmodo pada materi pokok Fluida Statik dapat meningkatkan penguasaan materi fisika peserta didik dengan standar gain 0,85 kategori tinggi dan keterampilan proses sains peserta didik dengan standar gain 43,39% kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran berbasis guided inquiry, aplikasi Edmodo, Fluida Statik, penguasaan materi fisika, keterampilan proses sains
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 01 Mar 2019 01:50
Last Modified: 01 Mar 2019 01:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62976

Actions (login required)

View Item View Item