PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA PROGRAM STUDI KEAHLIAN TEKNIK SEPEDA MOTOR DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Rahmadi, Bayu (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA PROGRAM STUDI KEAHLIAN TEKNIK SEPEDA MOTOR DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (291kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis android pada materi motor bakar bagi peserta didik kelas x di SMK Muhammadiyah Prambanan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research dan Development dengan model sepuluh tahap dari Sugiyono, antara lain pengumpulan potensi dan masalah, pengumpulan data/informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, revisi produk dan produksi masal. Penelitian ini menggunakan angket sebagai alat untuk menguji kelayakan media melalui validasi ahli materi, ahli media serta pengguna (peserta didik). Hasil pengembangann didapatkan produk media pembelajaran berupa aplikasi media pembelajaran. Setelah dilakukan penelitian kelayakan media pembelajaran interaktif dapat diperoleh skor dari ahli materi sebesar 80 sehingga masuk dalam kategori “sangat layak”, skor yang diperoleh dari ahli media sebesar 52 sehingga masuk dalam kategori “sangat layak”, dari hasil uji coba produk diperoleh rerata skor sebesar 85,6 sehingga masuk dalam kategori “sangat layak” dan dari hasil uji coba pemakaian diperoleh rerata skor 81,53 sehingga masuk dalam kategori “layak”. Sehingga media pembelajaran dapat digunakan sebagai media pembelajaran alternatif pada mata pelajaran PDT untuk kelas X jurusan teknik sepeda motor di SMK.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media, Pembelajaran Interaktif, Android
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:04
Last Modified: 01 Mar 2019 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62975

Actions (login required)

View Item View Item