SINTESIS DAN KARAKTERISASI REDUCE GRAPHENE OXIDE BERBAHAN DASAR LIMBAH KOPI ARABIKA DAN ROBUSTA DENGAN METODE LIQUID SONICATION EXFOLIATION

Aliefuddin, Rahid Hanif and Dwandaru, WS. Brams (2019) SINTESIS DAN KARAKTERISASI REDUCE GRAPHENE OXIDE BERBAHAN DASAR LIMBAH KOPI ARABIKA DAN ROBUSTA DENGAN METODE LIQUID SONICATION EXFOLIATION. S1 thesis, Univeritas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Full_Rahid Hanif Aliefuddin.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk 1) melakukan sintesis reduce graphene oxide (rGO) menggunakan metode Liquid Sonication Exfoliation (LSE) dengan bahan dasar serbuk limbah kopi, 2) mengetahui hasil karakterisasi rGO berdasarkan hasil uji UV-Vis dan FTIR dari limbah kopi, dan 3) mengetahui perbedaan karakterisasi rGO dari limbah kopi arabika dan robusta. Metode sintesis rGO pada penelitian ini adalah Liquid Sonication Exfoliation yang memanfaatkan suara ultrasonik dari piezoelektrik untuk mengekfoliasi lapisan graphene. Metode yang digunakan merupakan metode top-down dari bahan dasar yaitu limbah kopi arabika dan robusta. Sintesis dilakukan dengan mencampur limbah kopi dan aquades dengan blender lalu dilakukan sonikasi dengan menggunakan frekuensi 35,00 ± 0,02 KHz. Selanjutnya, dilakukan karakterisasi menggunakan UV-Vis dan FTIR. Telah dilakukan sintesis rGO dengan metode liquid sonication exfoliation yang menghasilkan rGO dalam fase cair yang ditandai dengan puncak absorbansi dengan uji UV-Vis pada rentang panjang gelombang rGO. Hasil karakterisasi dengan UV-Vis diperoleh hasil 279,5 ± 0,3 nm dan 273,5 ± 0,3 nm untuk masing-masing biji kopi arabika dan robusta. Selanjutnya, hasil FTIR menunjukan puncak (3280 ± 1)-(3550 ± 1) cm⁻¹ untuk regangan O-H dan 1637 ± 1 cm⁻¹ untuk C=C pada biji kopi arabika, lalu untuk biji kopi robusta memiliki puncak (3614 ± 1)-(3214 ± 1) cm⁻¹ untuk regangan O-H dan 1637 ± 1 cm⁻¹ untuk C=C. Hasil uji FTIR menunjukan bahwa terdapat karakteristik gugus-gugus fungsi dari material rGO baik arabika maupun robusta dilihat dari adanya gugus fungsi C=C dan O-H. Hasil uji UV-Vis menunjukan bahwa kopi arabika dan robusta memiliki puncak absorbansi pada rentang panjang gelombang dari material rGO, untuk kopi arabika berada di 279,5 ± 0,3 nm dan memiliki absorbansi 0,823 ± 0,004, sedangkan untuk kopi robusta berada di 273,5 ± 0,3 nm dan memiliki absorbansi 0,645 ± 0,004. Biji kopi arabika memiliki material rGO yang lebih banyak dari biji kopi robusta dengan nilai absorbansi 0,823 ± 0,004.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: reduce graphene oxide, Liquid Sonication Exfoliation, kopi, arabika, robusta, UV-Vis, FTIR
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 28 Feb 2019 07:55
Last Modified: 28 Feb 2019 07:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62971

Actions (login required)

View Item View Item