PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ZEROSICKS UNTUK MATA KULIAH K3LH DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Jamadi, Baharuddin (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ZEROSICKS UNTUK MATA KULIAH K3LH DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (277kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan Media Pembelajaran Zerosicks Yang Berguna Untuk Mata Kuliah K3LH di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Yogyakarta; (2) Mengetahui cara implementasi dan tingkat kelayakan Media Pembelajaran Zerosicks Untuk Mata Kuliah K3LH di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Davelopment) dengan mengadaptasi model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, Evaluate) dari Robert Maribe Branch. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Yogyakarta dengan subjek penelitian mahasiswa kelas A dan D angkatan 2017. Instrumen yang digunakan berupa angket/ kuesioner dengan skala lima skala likert. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil Penelitian meliputi: (1) Rancangan media pembelajaran zerosicks mempunyai bentuk tampilan seperti Job Safety Analysis (JSA) dan Job Hazard Analysis (JHA) yang terdiri dari 3 proses yaitu tabel analisis resiko sebelum pengendalian, tabel pengendalian, tabel resiko setelah pengendalian; (2) Implementasi media pembelajaran menggunakan website BeSmart V2 UNY, mahasiswa diberi tugas untuk mendownload dan memahami materi zerosicks dan panduan pengguna media pembelajaran zerosick yang tersedia di website BeSmart V2 UNY. Hasil penelitian yang diperoleh pada Pengembangan Media Pembelajaran Zerosicks Untuk Mata Kuliah K3LH yang mendapatkan penilaian 79% dari ahli materi, 79% dari ahli media, 74% dari pengguna atau mahasiswa kelas A dan 73% dari mahasiswa kelas D. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Zerosicks Untuk Mata Kuliah K3LH ini “Layak” digunakan untuk pembelajaran K3LH.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Zerosicks, Pembelajaran K3LH
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:04
Last Modified: 01 Mar 2019 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62968

Actions (login required)

View Item View Item