PROSES PEMBUATAN RANGKA PADA AUXILIARY TABLE FOR ALL WELDING POSITIONS

Dwipayana, Deonovana Abia (2019) PROSES PEMBUATAN RANGKA PADA AUXILIARY TABLE FOR ALL WELDING POSITIONS. D3 thesis, Fakutas Teknik.

[img]
Preview
Text
DEONOVANA ABIA 16508134059.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan pembuatan rangka pada auxiliary table for all welding positions adalah untuk mengetahui: (1) bahan yang digunakan; (2) mesin dan alat yang digunakan; (3) urutan pembuatan rangka pada auxiliary table for all welding positions; (4) fungsi rangka pada auxiliary table for all welding positions. Metode yang digunakan dalam pembuatan rangka auxiliary table for all welding positions yaitu : (1) menentukan bahan yang akan digunakan. (2) memilih alat dan mesin apa saja yang digunakan. (3) langkah-langkah proses pembuatan rangka. (4) melakukan uji fungsi. Rangka auxiliarry table for all welding positions menggunakan material baja St. 37, yang terdiri dari tiga bagian utama antara lain adalah rangka utama (besi hollow), plat strip, dan plat eyser. Dimensi rangka adalah panjang 770 mm, lebar 600 mm, tinggi 800 mm. Adapun bahan yang digunakan adalah besi hollow ukuran 40 x 40 x 2 x 6000 mm untuk membuat keseluruhan bagian rangka utama sedangkan plat strip ukuran 60 x 8 x 6000 mm untuk membuat bagian sayap dan tambahan pada rangka dan plat eyser ukuran 230 x 1 x 560 mm untuk bagian alas. Langkah-langkah proses pembuatan rangka auxiliarry table for all welding positions diawali dengan menandai dan melukis benda yang akan dipotong. Pemotongan menggunakan gerinda potong dan gergaji tangan, sedangkan perakitan dilakukan menggunakan las MIG. Proses finishing meliputi pengamplasan dan pendempulan. Hasilnya rangka dapat menahan getaran dengan baik serta dapat menopang komponen-komponen pada mesin dengan kokoh.

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: Rangka utama, rangka sayap, rangka tambahan, rangka alas auxiliarry table for all welding positions
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 28 Feb 2019 07:49
Last Modified: 28 Feb 2019 07:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62966

Actions (login required)

View Item View Item